FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Peran PTBA UPO Dalam Menyukseskan Tour de Singkarak 2016

Peran PTBA UPO Dalam Menyukseskan Tour de Singkarak 2016

7 Oktober 2016

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Peran PTBA UPO Dalam Menyukseskan Tour de Singkarak 2016

PT Bukit Asam (Persero) Tbk. (PTBA) Unit Pertambangan Ombilin (UPO) sebagai salah satu perusahaan BUMN yang mempunyai komitmen “hadir untuk negeri” tidak pernah absen mendukung perhelatan akbar tahunan Kementerian Pariwisata, yakni Tour de Singkarak.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pernah mengatakan bahwa Tour de Singkarak merupakan sport tourism atau lomba balap sepeda internasional, yang menjadi salah satu event untuk mengembangkan pariwisata di Sumatera Barat.

Tahun ini, Tour de Singkarak yang dimulai di Danau Singkarak, Padang, Sumatera Barat, pada 6 Agustus lalu diikuti oleh 110 peserta dari 12 negara. Salah satu daerah yang dilalui para pembalap adalah Sawahlunto, Padang, di mana PTBA UPO berada.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, PTBA UPO mendukung penuh jajaran Pemerintah Kota Sawahlunto dan segenap masyarakat untuk menyiapkan dan menyukseskan acara tersebut.

PTBA UPO mempersiapkan akomodasi, selain hotel-hotel yang dikelola oleh Koperasi PTBA, juga tak kurang dari 20 mess yang siap digunakan sebagai tempat homestay bagi para atlit maupun wisatawan yang datang untuk melihat perhelatan Tour de Singkarat 2016 di Sawahlunto.

Hotel serta mess tersebut pun laris manis, dipenuhi wisatawan yang berkunjung. Bisa jadi, karena range harga yang ditawarkan untuk homestay juga cukup terjangkau, yaitu Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per malam. 

PTBA UPO serta Jajaran Pemkot Sawahlunto dan masyarakat setempat, berharap, Tour de Singkarak dapat membawa dampak positif terhadap perkembangan industri pariwisata di Sawahlunto, yang telah dicanangkan sebagai Kota Wisata Tambang, sehingga dapat pula meningkatkan perekonomian masyarakat Sawahlunto.