Preloader

Sambutan Dirut

Inovasi dan efisiensi menjadi kata kunci yang membuat Bukit Asam dapat melalui tahun yang penuh tantangan. Bukit Asam semakin memperkuat pondasi untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan. - Suryo Eko Hadianto Direktur Utama
Suryo Eko Hadianto

S epanjang tahun 2020, pandemi COVID-19 telah mempengaruhi kondisi perekonomian secara global. Di tengah berbagai tantangan yang dihadapi di tahun 2020, PTBA terus berupaya untuk mendorong peningkatan kinerja. Langkah awal yang dilakukan Perusahaan adalah memastikan kesiapan operasional untuk menghadapi pandemi COVID-19. Dalam rangka menekan penyebaran COVID-19 di lingkungan kerja PTBA dan sebagai salah satu tindak lanjut atas kebijakan Kementerian BUMN untuk memberikan kontribusi dalam mendukung langkah-langkah strategis Pemerintah menanggulangi pandemic COVID-19, PTBA telah membentuk tim khusus yang bertanggungjawab untuk melakukan upaya pencegahan dan penanganan efektif terhadap penyebaran COVID-19.

Kebijakan Strategis Tahun 2020

D i saat pertumbuhan ekonomi diharapkan dapat meningkat di tengah pandemi COVID-19, PTBA tetap memprioritaskan pasar domestik, khususnya PLN Grup guna memberikan dukungan secara optimal untuk pasokan kebutuhan energi dalam negeri. Meskipun demikian, hal tersebut tidak menutup peluang bagi PTBA untuk memperluas pangsa pasar ekspor, terlebih di saat indeks harga yang rebound di akhir tahun 2020.

Kebijakan strategis lainnya yang ditempuh di tahun 2020 adalah meningkatkan kapasitas angkutan kereta api. Perseroan telah melakukan kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk mengembangkan kapasitas angkut dari produk batu bara yang dimiliki Perseroan, dengan sasaran daya angkut yang besar akan memberikan kemampuan yang berimbang atas peningkatan volume produksi.

PTBA juga telah menandatangani Head of Agreement (HoA/Perjanjian Induk) dengan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) untuk pengembangan kapasitas angkutan batu bara dan/atau komoditas lainnya melalui sungai dan pelabuhan di Sumatera Selatan. Kerjasama pengembangan angkutan batu bara ini dilakukan untuk menyukseskan tujuan pembangunan koridor ekonomi Sumatera Selatan sebagai lumbung energi nasional.

Selain pengembangan angkutan batu bara, Perseroan juga masih terus melakukan pengembangan hilirisasi produk batu bara berkalori rendah melalui proyek gasifikasi yaitu pengembangan hilirisasi yang dilakukan dengan mengkonversi batu bara kalori rendah PTBA menjadi Dimethyl Ether (DME) melalui kerja sama dengan Pertamina dan Air Products dan progres pengembangan proyek tersebut hingga akhir tahun 2020 dalam tahap finalisasi Cooperation Agreement.

Perusahaan juga berupaya melakukan upaya lain untuk penambahan nilai batu bara, melalui hilirisasi coal to activated carbon dengan penandatanganan Head of Agreement (HoA) dengan produsen dan pemasok karbon aktif Activated Carbon Technologies PTY, LTD (ACT) yang berbasis di Australia pada akhir tahun 2020.

PTBA menyadari bahwa Pandemi COVID-19 ini memberikan dampak yang sangat besar bagi masyarakat. Dalam menghadapi Pandemi ini PTBA meningkatkan kepeduliannya kepada masyarakat dan lingkungan. Perusahaan meningkatkan kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR), atau disebut juga Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), khususnya di lingkungan sekitar wilayah operasional perusahaan.

Akhir Kata

Tantangan demi tantangan di tahun 2020 telah berhasil dilalui PTBA dengan baik. Tahun 2021 diharapkan akan lebih baik daripada tahun 2020 dan menjadi tahun pemulihan ekonomi, seiring dengan meningkatnya akses terhadap vaksin COVID-19 serta aktivitas vaksinasi.

Direksi menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada Dewan Komisaris atas arahan dan kemitraan strategis dalam pengelolaan operasi dan bisnis Perseroan. Direksi juga mengucapkan terima kasih kepada pemegang saham dan seluruh investor. Direksi juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh karyawan PTBA atas dedikasi yang diberikan. Demikian pula kepada regulator, pelanggan, pemasok, dan mitra usaha, Direksi mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah tercipta.

Jakarta,

Suryo Eko Hadianto
Direktur Utama

Achievements

Achievement
Jl. Parigi No.1, Tanjung Enim 31716
Sumatera Selatan, Indonesia
+(62) 734 451 096
Sen-Jum 8:30am-6:30pm
corsec@ptba.co.id
24 X 7 online support
TOP