FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
PTBA Jajaki Ekspansi PLTU di Myanmar dan Vietnam

PTBA Jajaki Ekspansi PLTU di Myanmar dan Vietnam

16 Desember 2016

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
PTBA Jajaki Ekspansi PLTU di Myanmar dan Vietnam

PT Tambang Batu Bara Bukit Asam (Persero) Tbk kembali menjajaki proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Myanmar dan Vietnam tahun depan. Total kapasitas PLTU yang dibidik sekitar 800 megawatt (MW).

Sekretaris Perusahaan PTBA Adib Ubaidillah mengatakan, rencana ekspansi pembangkit telah digagas sejak 2013. Namun, prosesnya masih membutuhkan waktu. Di Myanmar, perseroan tengah menunggu situasi kondusif di wilayah calon lokasi PLTU.

“Perseroan sudah memperoleh izin prinsip dari Kementerian Listrik Myanmar. Rencananya, kami ingin membangun 2x100 megawatt,” kata Adib sebagaimana dikutip Investor Daily medio 13 Desember 2016.

Menurut Adib, perseroan akan menggandeng badan usaha swasta Myanmar yang direkomendasikan Kementerian Listrik Myanmar. Untuk proyek PLTU perdana di luar negeri tersebut, PTBA akan masuk dengan kepemilikikan minoritas terlebih dahulu, yang selanjutnya dapat ditingkatkan kembali.

Diharapkan, dengan mengambil proyek PLTU Myanmar, PTBA bisa mendorong pasokan batu bara ke negara tersebut.

Sementara untuk Vietnam, Adib menjelaskan, perseroan mendapat tawaran untuk mengambil sebagian ekuitas dalam proyek PLTU. Namun, perseroan masih mengakaji apakah skema equity portion ini cukup aman dan menguntungkan di masa mendatang.

“Di Vietnam, kita mencari proyek PLTU dengan kapasitas 600 megawatt. Saat ini prospek kerja samanya  dengan BUMN Vietnam,” kata Adib.

Adib menambahkan, rencana ekspansi regional ini memang dilakukan untuk memaksimalkan produksi batu bara perseroan dalam jangka panjang. Penjualan ke beberapa negara kawasan regional memang terlihat mulai meningkat.

“Belum lama ini sudah ada kesepakatan pasokan batu bara ke Vietnam 1,5 juta ton untuk tahun 2018,” kata Adib

Rencananya, pendanaan ekspansi ke luar negeri akan disiapkan dari kas internal dan sumber eksternal.