FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
PTBA dan PT BGR Selenggarakan Kegiatan BHUN di Sumatera Barat

PTBA dan PT BGR Selenggarakan Kegiatan BHUN di Sumatera Barat

10 Agustus 2018

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
PTBA dan PT BGR Selenggarakan Kegiatan BHUN di Sumatera Barat

PT Bukit Asam Tbk atau PTBA dan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau PT BGR menyelenggarakan kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan yang berlangsung pada Agustus 2018 ini meliputi kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN), Upacara HUT ke 73 Republik Indonesia, Jalan Sehat, hingga Pemenuhan Kebutuhan Dasar.

Sebagai awal rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Sumatera Barat, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno bersama Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk, Arviyan Arifin dan Plt Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Mohammad Affan melepas 23 siswa SMA/SMK/SLB berprestasi Sumatera Barat, 2 guru teladan dan 1 guru pendamping, serta 2 siswa undangan dari Muara Enim, Sumatera Selatan untuk mengikuti kegiatan SMN di Sulawesi Selatan, Jumat (10/8). Pelepasan siswa peserta SMN ini dilakukan di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat dan dihadiri langsung oleh Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin dan Gubernur Sumatera Barat.

Pada program Siswa Mengenal Nusantara ini, PTBA dan PT BGR juga akan menerima siswa SMA/SMK/SLB dari Sulawesi Selatan serta mengajak para siswa ini untuk mengenal dan belajar kebudayaan Sumatera Barat. Rencananya, para siswa dari Sulawesi Selatan ini akan diajak berkeliling mengenali kebudayaan Minang, mengunjungi tempat bersejarah yang ada di Bukittingi, Payakumbuh, dan Sawahlunto, serta mendapatkan pembekalan materi Bela Negara.

Selain SMN, PTBA dan PT BGR juga memberikan bantuan Pemenuhan Kebutuhan Dasar, mencakup perbaikan sarana dan prasarana SD di Sawahlunto dan Solok, pembangunan sarana prasarana umum di Sawahlunto dan Solok, pembangunan jalan setapak, serta melakukan pemberdayaan masyarakat di Sawahlunto.

PTBA dan PT BGR juga akan memberikan bantuan berupa Taman Baca di Sawahlunto serta Solok. Selain itu, disediakan pula beasiswa kepada 15 siswa mulai tingkat SD hingga SMA yang akan diserahkan dalam rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri ini.

Untuk memperingati HUT Ke 73 Republik Indonesia, PTBA dan PT BGR menggelar Upacara Bendera Peringatan HUT RI di Istana Pagaruyung, Batusangkar. Upacara ini sedianya akan digelar tepat pada 17 Agustus 2018 diikuti oleh para siswa peserta Siswa Mengenal Nusantara, serta perwakilan seluruh BUMN di Sumatera Barat.

Dalam menyemarakkan HUT RI, PTBA dan PT BGR juga menggelar sejumlah kegiatan, antara lain Jalan Sehat 5 km, aneka perlombaan, pasar murah, hingga pengobatan gratis. Rangkaian kegiatan dalam rangka HUT RI ini dipusatkan di Sawahlunto.

Melalui kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, diharapkan masyarakat mendapat manfaat langsung dari BUMN. Selain itu, kegiatan yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada seluruh masyarakat di pelosok Negeri.