FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Sawah Lunto, Kota Wisata Tambang yang Berbudaya

Sawah Lunto, Kota Wisata Tambang yang Berbudaya

14 Mei 2019

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Sawah Lunto, Kota Wisata Tambang yang Berbudaya

Menambang adalah bagian dari rencana penutupan tambang. Sawah Lunto, contohnya, salah satu lahan bekas tambang yang kini berkembang menjadi satu-satunya kawasan wisata pertambangan di Indonesia yang kaya sejarah. Berikut beberapa tempat wisata di Sawah Lunto yang bisa dikunjungi:

1. Lubang Mbah Suro
Wisata menembus bumi melalui lubang-lubang bekas galian tambang batubara melalui Lubang Mbah Suro. Terowongan yang dibangun tahun 1898 pada masa Pemerintahan Hindia Belanda ini masih tetap dipertahankan keasliannya, terlihat dari bagian atap dan dinding yang tersusun dari batubara.

2. Wisata Tambang Sawah Luwung
Bukan sekedar destinasi wisata semata, namun juga sebagai tempat edukasi terutama bagi siswa dan mahasiswa jurusan pertambangan agar generasi penerus bangsa dapat lebih memahami seluk beluk tambang batu bara, terutama tambang lubang dalam yang memiliki risiko kecelakaan paling tinggi.

3. Lubang Lurah Sapan yang ramah anak
Dikembangkan secara khusus sebagai tempat wisata pendidikan tambang bagi anak-anak. Lubang, yang letaknya paling luar di antara empat lubang tambang lain yang ada di Desa Rantih, akan disulap menjadi kawasan yang ramah anak.

4. Museum Tambang Batubara Ombilin
Museum yang diresmikan oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. Sapta Nirwanda ini bertujuan sebagai pusat dokumentasi dan arsip PTBA UPO, dan diharapkan dapat menjadi pelengkap mutakhir dari berbagai objek wisata yang ada di Sawahlunto, bahkan menjadi pusat studi dan informasi sejarah pertambangan batubara di Indonesia serta mampu menarik wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

5. Bangunan-bangunan Bersejarah
Di kota yang didirikan pada tahun 1888 ini, banyak berdiri bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda, sebagian telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah setempat dalam rangka mendorong pariwisata dan mencanangkan Sawahlunto menjadi "Kota Wisata Tambang yang Berbudaya”.

Selain itu juga di Sawah Lunto terdapat kebun binatang Taman Satwa Kandi Sawah Lunto, Water Boom, arena bermain, istal kuda beserta tribun pacuan kuda, arena motor cross dan road race.