FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
PTBA Realisasikan Program Pelestarian Alam Melalui Kegiatan Saka Pramuka Kalpataru

PTBA Realisasikan Program Pelestarian Alam Melalui Kegiatan Saka Pramuka Kalpataru

11 November 2014

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
PTBA Realisasikan Program Pelestarian Alam Melalui Kegiatan Saka Pramuka Kalpataru

PT. Bukit Asam (Persero), Tbk bekerjasama dengan Lembaga Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka peduli lingkungan melaksanakan Kegiatan Saka Pramuka Kalpataru yang diselenggarakan pada hari Minggu, 2 November 2014 pukul 09.00 WIB di Punti Kayu, Palembang, Sumatera Selatan. Seperti disampaikan Hasbi Alhamdy, Manajer KBL PTBA menyebutkan CSR PTBA memberikan bantuan dalam pelaksanaan kegiatan Saka Pramuka Kalpataru ini bertujuan untuk melaksanakan salah satu program CSR PTBA di bidang pendidikan dan pelatihan masyarakat, sekaligus memotivasi generasi muda untuk peduli lingkungan dan pelestariannya.

“Tujuan kita membantu pelaksanaan pelatihan Saka Pramuka Kalpataru Provinsi Sumatera Selatan selain melaksanakan salah satu program CSR di bidang pendidikan dan pelatihan masyarakat, disini PTBA dalam rangka berperan aktif dalam pembinaan generasi muda khususnya para siswa SLTA yang tergabung dalam kepramukaan Saka Kalpataru Provinsi Sumatera Selatan,” Ujar Hasi Alhamdy, Manajer KBL PTBA.

Kegiatan Saka Pramuka Kalpataru ini dibina oleh Rismawati Gathmyr selaku Kepala Bidang Pembinaan Masyarakat, Informasi Lingkungan dan Pengembangan Kapasitas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Sumatera Selatan beserta para pelatih yang berasal dari BLH Provinsi Sumsel.

Rismawati Gathmyr menjelaskan bahwa kegiatan Saka Paramuka Kalpataru ini merupakan praktek lapangan keanekaragaman hayati dan perubahan iklim. Hal ini penting dilakukan kepada anak-anak pramuka agar mereka peduli akan lingkungan.

“Kegiatan Saka Kalpataru ini merupakan hasil dari MOU antara Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kwartil Nasional pada tahun 2013. Ini adalah program yang paling baru untuk pertama kali dilakukan di Sumatera Selatan. Oleh karena itu melalui kegiatan ini kita mengajak para siswa agar peduli akan lingkungan sekitarnya” ujar Rismawati.

Selain kegiatan praktek lapangan keanekaragaman hayati dan perubahan iklim, pada kegiatan yang sama juga dilakukan penyerahan bibit tanaman ke empat sekolah adiwiyata di Baturaja, Muara Enim, Lahat dan Pagaralam pada 5-7 November 2014.