FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Perangi Wabah COVID-19, Bukit Asam Salurkan Bantuan Rp 30,5 M Hingga Juni 2021

Perangi Wabah COVID-19, Bukit Asam Salurkan Bantuan Rp 30,5 M Hingga Juni 2021

21 Juli 2021

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Perangi Wabah COVID-19, Bukit Asam Salurkan Bantuan Rp 30,5 M Hingga Juni 2021

PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, terus berpartisipasi aktif dalam memerangi pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia sampai saat ini.

Sejak awal pandemi hingga Juni 2021, PTBA telah mengucurkan donasi sebanyak Rp 30,5 miliar. Rinciannya adalah senilai Rp 23,75 miliar selama tahun 2020 dan Rp 6,75 miliar sejak Januari hingga Juni 2021.

Donasi senilai Rp 23,75 miliar yang disalurkan oleh PTBA pada 2020 yakni berupa bantuan alat kesehatan, sosialisasi pencegahan COVID-19, penguatan sarana prasarana kesehatan, partisipasi pada program pencegahan dari stakeholder terkait, hingga penguatan dan pemulihan ekonomi sosial masyarakat akibat dari dampak pandemi melalui program Sentra Industri Bukit Asam (SIBA).

Sementara pada 2021, donasi senilai Rp 6,75 miliar disalurkan dalam bentuk; alat kesehatan, bahan makanan pokok, donasi tunai, sosialisasi pencegahan COVID-19, dan fasilitas pendukung seperti tempat cuci tangan, ruang isolasi, dan lainnya.

Bantuan ke masyarakat diberikan prioritas untuk warga sekitar area pertambangan PTBA yang berada di Kabupaten Muara Enim, Kota Lahat, Sawahlunto, dan lainnya. Selain itu, donasi juga disalurkan oleh PTBA untuk warga yang berada di provinsi lainnya di Sumatera melalui Penugasan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

PTBA memastikan operasional tambang sampai saat ini masih berjalan dengan disiplin mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Perusahaan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada petugas kesehatan, paramedis yang telah berjuang dalam hal penyembuhan yang terpapar dan mengupayakan pemutusan mata rantai penyebaran virus COVID-19.

 

Penyaluran Hewan Qurban PTBA 

Bertepatan dengan hari raya Idul Adha 1442 Hijriah yang berlangsung pada 20 Juli 2021, PTBA juga menyalurkan bantuan hewan qurban sebanyak 149 ekor sapi dan 12 ekor kambing. 

Ratusan hewan qurban tersebut disalurkan ke beberapa daerah yakni;

Tanjung Enim 95 ekor sapi

Palembang 33 ekor sapi

Ombilin 7 ekor sapi

Lampung 8 ekor sapi dan 12 ekor kambing

Jakarta 6 ekor sapi

 

Direktur Utama PTBA Suryo Eko Hadianto mengatakan momen Idul Adha adalah cerminan momen berbagi yang hakiki. Semangat berbagi, menurutnya harus terus diterapkan oleh seluruh insan PTBA di masa-masa penuh tantangan saat ini.

Sebagai perusahaan tambang milik negara yang tengah bertransformasi menjadi perusahaan energi dan chemical kelas dunia, sudah menjadi kewajiban PTBA untuk menyejahterakan masyarakat di lingkungan operasional perusahaan.

“Mari, kita saling berbagi dan peduli dengan sesama kita. Semoga Tuhan yang Maha Kuasa, melindungi kita semua, keluarga kita tercinta dan Bangsa Indonesia untuk segera pulih dari pandemi ini.”