FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Jaga Habibat Sungai di Muara Enim, PTBA dan SAC Tebar Ribuan Benih Ikan

Jaga Habibat Sungai di Muara Enim, PTBA dan SAC Tebar Ribuan Benih Ikan

24 Juni 2016

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Jaga Habibat Sungai di Muara Enim, PTBA dan SAC Tebar Ribuan Benih Ikan

PT Bukit Asam (Persero) Tbk. (PTBA) melalui Satuan Kerja Corporate Social Responsibility (CSR) menggandeng komunitas memancing Tanjung Enim, Serasan Angler Community (SAC), menebar tak kurang dari 15.000 benih ikan.

Tanjung Enim dan Muara Enim memiliki potensi habitat sungai dan danau yang hebat. Karena itu, PTBA bersama SAC, sebuah komunitas memancing yang giat menjaga dan melakukan rehabilitasi daerah aliran sungai yang ada di Kabupaten Muara Enim untuk menebar benih berbagai jenis ikan di aliran sungai yang melintasi beberapa desa, seperti Desa Tanjung Lalang, Desa Penyandingan, Desa Keban Agung, dan desa-desa lain di Kecamatan Tanjung Agung dan Lawang Kidul.

Ketua SAC Alex Taneka mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada PTBA yang telah menunjukkan kepedulian terhadap habitat sungai dan mau bekerjasama untuk melaksanakan program penebaran benih ikan tersebut.

“Kami sangat berterima kasih, PTBA melalui CSR-nya telah menunjukkan kepedulian terhadap habitat sungai dan mau bekerja sama dengan kami untuk melaksanakan program penebaran benih ikan ini," kata Alex.

Menurut Alex, program tebar benih ikan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mewujudkan pelaksanaan kegiatan sosial kemasyarakatan serta terpeliharanya ekosistem alam dan lingkungan serta spesies ikan di Kabupaten Muara Enim.

“Lebih jauh ke depan, kami menginginkan Kabupaten Muara Enim menjadi lumbung ikan di Provinsi Sumatera Selatan,” kata Alex.

Sementara itu, Sekretaris SAC Kriswanto Lubai menjelaskan, SAC merupakan komunitas para pemancing profesional yang berlatar belakang tehnik casting, jigging, dasaran, dan lainnya. “Awalnya komunitas kami dibentuk pada 15 Maret 2014 dengan nama Muara Enim Fishing Club, kemudian atas kesepakatan seluruh anggota, nama komunitas kami ubah menjadi Serasan Angler Community awal tahun ini. Sekarang jumlah anggota sudah lebih dari 150 orang yang terdaftar,” ujar pelatih Marching Band Bukit Asam ini.

Meski mempunyai hobi memancing, SAC memberlakukan kepada setiap anggotanya untuk menerapkan sistem catch and release kepada setiap ikan yang berhasil ditangkap. Hal ini bertujuan untuk menjaga habitat ikan.