FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Tim Medis dan Rescue Bukit Asam Dikirim untuk Bantu Korban Banjir di Talang Gabus

Tim Medis dan Rescue Bukit Asam Dikirim untuk Bantu Korban Banjir di Talang Gabus

28 Juni 2022

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Tim Medis dan Rescue Bukit Asam Dikirim untuk Bantu Korban Banjir di Talang Gabus Muara Enim, 27 Juni 2022 – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mengirimkan tim rescue dan tim medis dari Rumah Sakit Bukit Asam Medika untuk membantu para korban banjir di Talang Gabus, Tanjung Enim, Senin (27/7/2022) pukul 07.00 WIB. Banjir yang terjadi pada Minggu (26/7/2022) berdampak pada 9 desa/kelurahan, yaitu Pasar, Tegal Rejo, Mandala, Karang Asam, Tanjung, Karang Raja, Tanjung Raja, Lingga, dan Keban Agung.

Tim rescue Bukit Asam yang beranggotakan 10 orang bersama masyarakat bahu-membahu untuk membersihkan lokasi pasca banjir. Penyemprotan jalan dan rumah warga dilakukan untuk membersihkan sisa lumpur. Sisa sampah yang terbawa banjir dibersihkan. Danramil, Kapolsek, hingga Camat Lawang Kidul turut serta membantu.

Satu unit mobil rescue dan satu unit mini excavator juga dikirim Bukit Asam untuk membersihkan sisa sampah yang terbawa banjir. Di lokasi pasca banjir juga disediakan 2 unit ambulan yang siap siaga.

“Jadi hari ini kami, Pak Camat, Pak Kapolsek, Pak Danramil dan dibantu organisasi kemasyarakatan dan yang lainnya ada dari rumah sakit, bank, dari TNI, Polri, semuanya bahu-membahu membantu kebersihan pasca banjir yang mengakibatkan beberapa wilayah sebagian besar di Tanjung Enim ini Kecamatan Laut Kidul, terdampak dan terendam banjir. Jadi hari ini kami semuanya turun untuk melakukan pembersihan termasuk alat-alat rumah tangga seperti kasur dan yang lainnya yang sudah dibuang masyarakat karena rusak,” tutur Camat Lawang Kidul.

RS Bukit Asam Medika mengadakan pengobatan gratis untuk seluruh masyarakat wilayah pasar Tanjung Enim yang berlokasi di Posko Induk Banjir, di halaman Masjid Assa’adah. Pengobatan gratis ini dilaksanakan mulai dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Tim medis yang yang beranggotakan 1 orang dokter, 3 orang perawat, dan 1 orang apoteker ini dijalankan dengan sangat teratur. Proses pertama pengobatan gratis ini yaitu pendaftaran, lalu pasien diarahkan untuk pemeriksaan tekanan darah, lalu pasien diarahkan ke dokter, lalu mengambil obat ke apoteker.

Pengobatan gratis ini ditangani oleh dr Dorratun Rezky, atau yang sering disapa oleh Dokter Dorra. “Semoga masyarakat yang terdampak dapat bersabar, dan pihak RS BAM siap membantu masyarakat jika terdapat keluhan dari masyarakat,” ujar Dokter Dorra.

Pengobatan gratis tersebut diikuti oleh 119 warga dan dinilai sangat membantu masyarakat yang terdampak banjir. “Sangat membantu kami yang kebanjiran yang menyebabkan banyaknya penyakit karena kedinginan, karena rumah kami terendam satu atap,” ujar Ibu Rara salah satu warga yang terdampak banjir.

Tak hanya mengirimkan tim rescue dan tim medis, Bukit Asam juga telah memberikan bantuan konsumsi berupa 8.000 kotak nasi. Sebanyak 50 pasang Kasur dan 50 helai selimut pun dibagikan pada masyarakat.