FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
PTBA UPO Turut Meriahkan SISCA 2016

PTBA UPO Turut Meriahkan SISCA 2016

14 Oktober 2016

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
PTBA UPO Turut Meriahkan SISCA 2016

PT Bukit Asam (Persero) Tbk. (PTBA) memang mempunyai komitmen yang kuat untuk berperan serta dalam peningkatan kualitas kehidupan masyarakat, terutama yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan. Seperti yang dilakukannya belum lama ini, tepatnya pada akhir Medio Agustus lalu. 

Ketika itu, Pemerintah Kota Sawahlunto beserta masyarakat setempat menghelat acara karnaval Sawahlunto International Songket Carnival (SISCA) 2016 yang kedua di Sawahlunto. Ketika itu pula, PTBA Unit Pertambangan Ombilin (UPO) berpartisipasi dengan mengikutsertakan para mitra binaan tenunan Silungkang dari daerah Jembatan Merah, Sawahlunto. 

Lebih dari itu, PTBA UPO juga menyediakan mess-mess yang digunakan menjadi tempat sekretariat panitia SISCA, hingga tempat bermalam para tamu dari kementerian dan konsulat serta mitra dagang dari mancanegara.

Perhelatan yang kedua kalinya ini pun berlangsung semarak, diikuti tidak hanya oleh pengrajin kain tenun dan songket dari Sawahlunto, tetapi juga dari berbagai daerah di Sumatera Barat, seperti Tanah Datar, Payakumbuh, Padang, Solok, dan Sijunjung.

Acara karnaval peragaan busana ini tidak hanya diikuti oleh orang dewasa, tapi juga siswa-siswi mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga SLTA. Dengan menampilkan ratusan desain kreasi busana berbahan songket yang diarak mulai dari kawasan Silo Ombilin, Masjid Agung, Lapangan Segitiga Ombilin, dan berakhir di Museum Goedang Ransoem. 

Acara semakin semarak dengan adanya lomba fotografi, seminar dan pameran kain songket. Panitia juga menyediakan hadiah hingga Rp124 juta bagi peserta dengan busana terbaik.

Sementara itu, pameran kain songket yang bertajuk Pelangi Songket Nusantara juga berlangsung semarak dan sukses di Gedung Pasar Songket Muaro Kalaban. Tidak kurang dari 52 pengusaha dari berbagai daerah di nusantara yang akan ikut ambil bagian dalam pameran kali ini.