FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
PTBA Melaksanakan Sertifikasi Petugas Pemadam Kebakaran

PTBA Melaksanakan Sertifikasi Petugas Pemadam Kebakaran

6 Januari 2017

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
PTBA Melaksanakan Sertifikasi Petugas Pemadam Kebakaran

Dalam rangka mewujudkan komitmen Perusahaan untuk meningkatkan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), PT Bukit Asam Tbk atau PTBA melaksanakan Sertifikasi Fireman Kelas D yang diikuti oleh 25 orang pegawai PTBA di Learning Center PTBA.

Dengan program sertifikasi tersebut, PTBA berupaya memberikan nilai tambah bagi perusahaan dalam mencegah kerugian yang terjadi akibat kebakaran dengan meningkatkan efektivitas operasi penanggulangan kebakaran serta membangun preparedness atau kesiapsiagaan perusahaan dalam menghadapi keadaan darurat kebakaran. 

Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan fire fighter atau petugas pemadam kebakaran mengenai kebakaran dari mulai sistem, peralatan dan keterampilan petugas pemadam kebakaran itu sendiri, meningkatkan kompetensi petugas pemadam kebakaran sesuai standar, meningkatkan kepercayaan diri dalam operasi penanggulangan kebakaran dan memenuhi persyaratan sertifikasi bagi petugas pemadam kebakaran.

Sebagaimana diketahui, dalam industri pertambangan yang rawan akan bahaya kebakaran, maka kehandalan peralatan proteksi kebakaran, kerincian prosedur penanggulangan kebakaran dan kompetensi petugas pemadam kebakaran yang sesuai standar merupakan syarat mutlak yang harus dipertimbangkan oleh manajemen.
 
Dua aspek pencegahan kebakaran yaitu peralatan dan prosedur dapat dikatakan bersifat tidak aktif. Sementara aspek kompetensi petugas pemadam kebakaran merupakan elemen yang dinamis. Artinya, seorang petugas pemadam kebakaran harus mampu mengoperasikan peralatan secara benar sekaligus melakukan operasi penanggulangan kebakaran yang efektif sesuai dengan prosedur.