FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Kembangkan Tanjung Enim Menjadi Kota Wisata, PTBA Gelar FGD

Kembangkan Tanjung Enim Menjadi Kota Wisata, PTBA Gelar FGD

8 November 2016

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Kembangkan Tanjung Enim Menjadi Kota Wisata, PTBA Gelar FGD

PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) kembali menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan Tanjung Enim sebagai kota tujuan wisata di Sumatera Selatan. Kali ini, komitmen tersebut diwujudkan dengan menggelar acara Focus Group Discussion (FGD)di Mess Hall Base Camp Bukit Asam, Tanjung Enim, pada pertengahan Oktober lalu.

Direktur Umum dan SDM PTBA Suryo Eko Hadianto mengatakan, FGD yang mengambil tema Pengembangan Tanjung Enim Menjadi Kota Tujuan Wisata Sumatera Selatan tersebut bertujuan untuk memberikan masukan agar visi PTBA dalam mengembangkan Tanjung Enim menuju kota tujuan wisata di Sumatera Selatan berjalan lancar dan diterima oleh semua pihak. 

“Untuk menjadikan Tanjung Enim sebagai tempat tujuan wisata, kami mengajak seluruh elemen masyarakat yang peduli dan ingin mewujudkan Tanjung Enim sebagai kota tujuan wisata berkiprah seperti yang diharapkan,” ujar Suryo Eko Hadianto.

Turut hadir dalam acara FGD tersebut, antara lain, Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar, Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman, Wakil Ketua DPRD Dwi Windarti, serta anggota DPRD Muara Enim Dapil V, kepala SKPD, Muspida dan Forum LSM yang ada di Kecamatan Lawang Kidul.

Dalam forum diskusi tersebut, Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar mengatakan, PTBA merupakan salah satu aset daerah penyumbang devisa bagi negara yang cukup besar. Karena itu, sudah sepatutnya PTBA bergerak langsung dalam pengembangan pembangunan yang ada di Kabupaten Muara Enim, khususnya dalam rencana pengembangan Kota Tanjung Enim sebagai kota wisata.

Pemerintah Kabupaten Muara Enim, kata Muzakir Sai Sohar, sangat mendukung gagasan menjadikan Tanjung Enim sebagai tempat tujuan wisata, namun perlu disinergikan dengan rencana pembangunan bidang kepariwisataan yang telah direncanakan Pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan tetap memperhatikan kondisi masyarakat lokal.

“Pembangunan Tanjung Enim sebagai tujuan wisata harus memperhatikan kondisi sosial budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitarnya, sehingga orang yang datang tidak hanya melihat tambang batubara saja, namun ada kesan lain di balik Tanjung Enim sebagai kota batu bara,” kata Muzakir Sai Sohar.

Dalam memprakarsai pengembangan Tanjung Enim menjadi kota tujuan wisata, PTBA telah menyiapkan Lapangan Central Bukit Asam untuk dijadikan alun-alun Kota Tanjung Enim. Alun-alun ini kelak akan dilengkapi ragam wahana hiburan yang menarik serta museum tambang batubara. Sementara itu, di sepanjang bibir Sungai Enim yang mengalir di sekitarnya akan disulap menjadi taman yang indah.