Preloader

Berita

PTBA dan Mitra Kerja Gelar Aksi Bersih-Bersih Sungai Enim

Dalam rangka Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) bersama mitra kerja melakukan aksi bersih-bersih sampah di sepanjang aliran Sungai Enim, Kelurahan Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim pada Sabtu (14/1). 

Kegiatan PTBA ini didukung oleh Tim Fire Rescue Bukit Asam, Corporate Social Responsibility (CSR) PTBA, PT Satria Bahana Sarana (SBS), PT Pamapersada Nusantara, dan Tim Tanjung Enim Kota Wisata. Aksi bersih-bersih dimulai dari belakang Rumah Makan Kartika hingga berakhir di Eks Bengkel BMM.

AVP Keselamatan Pertambangan & K3L PTBA Unit Pertambangan Tanjung Enim, Firdaus B Fadli, mengatakan bahwa kegiatan sosial ini selain dalam rangka Bulan K3 Nasional juga untuk menjaga kelestarian dan kemurnian air sungai. 

Firdaus pun mengucapkan terima kasih kepada para mitra kerja PTBA yang turut bersama-sama masyarakat membersihkan sampah di sungai.

“Allhamdullilah hari ini kita telah melakukan susur sungai dari mulai di belakang Rumah Makan Kartika sampai karantina, dan sejauh ini sudah ada empat perahu membawa cukup banyak sampah," ucapnya.

Ia mengimbau masyarakat Tanjung Enim dan sekitarnya agar membuang sampah pada tempatnya, tidak ke sungai. Kebersihan sungai juga perlu dijaga dalam rangka mewujudkan Tanjung Enim sebagai Kota Wisata.

"Sabtu depan, kami mengajak kembali rekan-rekan semua untuk kembali menyusuri Sungai Enim untuk mengambil sampah-sampah yang ada di sungai. Kami tunggu kembali peran sertanya," ujarnya.

PTBA Ajak Para Pelajar Budayakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

PTBA mengajak siswa-siswi dan masyarakat Kecamatan Lawang Kidul untuk membudayakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam Kegiatan Safety Goes to School & Karang Taruna dalam peringatan Bulan K3 Nasional.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di 7 SMA/SMK dan 7 Desa/Kelurahan di Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim pada 12 Januari hingga 10 Februari 2023. Diselenggarakannya kegiatan ini merupakan bentuk komitmen PTBA terhadap K3 serta kontribusi untuk masyarakat sekitar. 

Pada Senin (16/1), Safety Goes to School digelar di SMA Bukit Asam. Pemateri Safety Goes to School di SMA Bukit Asam kali ini adalah Supervisor Sarana K3 PTBA, Anissa Ayu Rahmawati. Materi yang sampaikan yaitu materi K3 dasar atau basic safety yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan siswi tingkat SMA/SMK.

Triyana, Staf Humas SMA Bukit Asam yang mewakili Kepala SMA Bukit Asam, menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan ini. Dengan adanya Safety Goes to School, para pelajar SMA Bukit Asam dapat mengenal K3 dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Harapan kami, semoga kegiatan seperti ini tetap dilakukan dan disosialisasikan di sekolah-sekolah, khususnya di SMA Bukit Asam,” ujar Triyana.

Program Safety Goes to School sebelumnya juga dilaksanakan pada 2022. Namun pada tahun lalu, kegiatan ini hanya menyasar siswa-siswi SMA/SMK. Tahun ini, kegiatan juga menargetkan masyarakat umum yakni Karang Taruna di Kecamatan Lawang Kidul.

Berita Lainnya

PTBA Bangun Gedung PAUD hingga Posyandu untuk Warga Perumahan Bara Lestari

Warga Perumahan Bara Lestari yang berlokasi di Dusun 5, Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim kini memiliki Gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Posyandu dan Balai Pertemuan.…

February 06, 2023

Persami Bukit Asam Meriahkan Bulan K3 Nasional

Dalam rangka memeriahkan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) kembali menggelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Bukit Asam 2023 di Bumi Perkemahan Banko Green Memorial…

February 06, 2023

Bukit Asam Berdayakan Para Ibu Rumah Tangga Lewat Budidaya Jamur Tiram

Para ibu rumah tangga di Desa Sirah Pulau, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat berhasil melakukan panen raya jamur tiram, di Lapangan Desa Sirah Pulau, Merapi Timur, Lahat, Rabu (1/2/2023). Mereka…

February 03, 2023
TOP