FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Persami Bukit Asam Meriahkan Bulan K3 Nasional

Persami Bukit Asam Meriahkan Bulan K3 Nasional

6 Februari 2023

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Persami Bukit Asam Meriahkan Bulan K3 Nasional Dalam rangka memeriahkan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) kembali menggelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Bukit Asam 2023 di Bumi Perkemahan Banko Green Memorial Park, Tanjung Enim, Sabtu (4/2/2023).

Kegiatan Persami ini diikuti oleh ratusan peserta Pramuka Penegak yang berasal dari seluruh sekolah tingkat SMA, SMK, dan MA di Kabupaten Muara Enim, serta beberapa di antaranya berasal dari Ring 1 Kabupaten Lahat.

Persami Bukit Asam 2023 tersebut dilaksanakan selama 3 hari, terhitung dari 3 Februari sampai dengan 5 Februari 2023. 

Mewakili Manajemen PTBA, Kanthi Miarso selaku Tenaga Ahli Produksi dan Operasi menyampaikan bahwa Persami ini bagian dari Bulan K3 Nasional dan untuk meningkatkan partisipasi kepramukaan dalam mewujudkan pelaksanaan budaya K3, khususnya di setiap kegiatan yang inklusif dan berkelanjutan.

"Selamat datang kepada adik-adik Pramuka Penegak, yang datang dari berbagai gugus depan, dengan latar belakang sekolah yang berbeda-beda pula, ini merupakan wujud nyata Bhineka Tunggal Ika," ucapnya.

Ia mengatakan bahwa Gerakan Pramuka ialah sebuah gerakan yang membentuk watak, karakter, dan kepribadian generasi muda bangsa, di mana bisa menjadi wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak, dan memiliki jiwa bela negara.

Melalui kegiatan perkemahan ini, ia berharap agar kaum muda kembali mencintai kegiatan kepramukaan sebagai wahana untuk menjadi pemimpin, sarana belajar, berkarya, dan membangun semangat persatuan sebagai sesama anak bangsa.

Ia berpesan kepada para peserta agar memanfaatkan kegiatan ini untuk menjalin persahabatan dan kebersamaan di antara sesama anggota pramuka. Selain itu juga memperluas pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan.

"Usai kalian pulang dari kegiatan Persami ini, sebarkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman kalian yang kalian dapat selama dua hari ke depan kepada rekan-rekan di sekolah masing-masing," Kanthi mengimbau.

Sementara itu, Koordinator Pelaksana Persami K3 Bukit Asam 2023 Pundhi Ramandha dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta kegiatan Persami ini diikuti oleh 22 Gugus depan, masing-masing 21 sangga putra dan 22 sangga putri.

"Kegiatan diawali dengan kunjungan ke Museum Batu Bara Bukit Asam pada Jumat pagi tanggal 3 Februari 2023, kemudian menuju Bumi Perkemahan Banko Green Memorial Park," ujar Pundhi.

Pundhi menuturkan, para peserta juga diberikan pemahaman penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Diharapkan pada saatnya dibutuhkan, peserta dapat menggunakan APAR dengan tepat.

Lebih jauh Pundhi mengatakan, dalam kegiatan Persami ini juga diadakan beberapa lomba, yaitu Lomba Pentas Seni untuk peserta putri, Lomba Morse dan Semaphore untuk putra & putri, Lomba Mendirikan Tenda untuk putra & putri, dan Lomba Pioneering/Tali Temali untuk putra & putri. 

"Terakhir, perkemahan peserta akan dinilai secara terpisah selama 3 hari ini. Untuk perkemahan dengan penerapan 5R terbaik, akan mendapatkan apresiasi khusus. Kemudian, pada Minggu, 5 Februari 2023, seluruh peserta akan mengikuti Outbound," tutupnya.

Hadir dalam kegiatan upacara Pembukaan Persami Bukit Asam 2023 tersebut, di antaranya Kapolsek Lawang Kidul Iptu Yogie Sugama Hasyim, Danramil 404-05/Tanjung Enim Kapten Czi Sujarwo, Waka Bina Muda Kwarcab Pramuka Muara Enim AKP RTM Situmorang, Waka Bina Wasa Kwarcab Pramuka Muara Enim Bambang Gusviantara, Sekretaris Kwarcab Pramuka Muara Enim Bambang Hermanto, Korps Pelatih Kwarcab Pramuka Muara Enim Ajrun Abadi, dan para Pembina Gudep se-Kwarcab Muara Enim.