FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, Bukit Asam (PTBA) Berangkatkan Ratusan Pemudik

Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, Bukit Asam (PTBA) Berangkatkan Ratusan Pemudik

5 April 2024

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, Bukit Asam (PTBA) Berangkatkan Ratusan Pemudik PT Bukit Asam Tbk (PTBA) turut berpartisipasi dalam program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 yang bertujuan untuk membantu masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu, untuk mudik lebaran dengan aman dan nyaman.

Pelepasan pemudik dilakukan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Pada kesempatan ini, Erick Thohir menyatakan bahwa program ini merupakan upaya pemerintah untuk mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor. Sebab, angka kecelakaan tertinggi terjadi pada pemudik yang menggunakan sepeda motor.

"Karena itu, penting bagi kita menciptakan mudik yang aman dan nyaman, sampai bertemu keluarga di rumah. BUMN hadir membantu masyarakat," kata Erick Thohir.

PTBA memberangkatkan 100 orang pemudik menggunakan 2 bus yang masing-masing berkapasitas 50 orang, dengan rute ke Yogyakarta dan Malang.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Suherman mengatakan, pihaknya turut mendukung peningkatan keselamatan para pemudik dan menekan kepadatan di jalan raya.

Ia berharap perjalanan mudik dapat berjalan lancar dan para pemudik dapat segera merayakan Idul Fitri bersama keluarga tercinta di kampung halaman masing-masing.

"Sebagai BUMN, kami peduli kepada masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan mudik ke kampung halaman. Kami semua berdoa agar semua pemudik diberikan kesehatan dan keselamatan, sehingga dapat berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga di kampung halaman," kata Suherman.

Program Mudik Asyik Bersama BUMN merupakan salah satu implementasi bakti BUMN sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Sebanyak 88 perusahaan dan anak perusahaan BUMN berpartisipasi dalam program ini.

Sebanyak 1.536 bus, 60 unit kereta api, dan 30 kapal laut disediakan untuk mengantarkan para pemudik secara gratis ke lebih dari 200 kota di seluruh Indonesia.

Selain program Mudik Asyik Bersama BUMN, PTBA juga berpartisipasi dalam Mudik Bareng Sektor ESDM 2024. Melalui program ini, PTBA memberangkatkan 250 orang pemudik dari Jakarta ke Magetan, Solo, Kediri, Palembang, Lampung, dan Padang.