FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
 Kemeriahan Peringatan HUT Ke-71 RIOleh PTBA dariNonton Bareng Hingga Lomba Perahu Perang.

Kemeriahan Peringatan HUT Ke-71 RIOleh PTBA dariNonton Bareng Hingga Lomba Perahu Perang.

31 Agustus 2016

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
 Kemeriahan Peringatan HUT Ke-71 RIOleh PTBA dariNonton Bareng Hingga Lomba Perahu Perang.

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdikaan Ke-71 Republik Indonesia, sakaligus memberi makna terhadap program yang dicanangkan kementerian BUMN, yakni BUMN Hadir untuk Negeri, PT Bukit Asam (Persero) Tbk. (PTBA) mengadakan beragam acara menarik bagi masyarakat di sekitar.

Acara-acara tersebut, antara lain, memberikan pelatihan keterampilan khusus kepada mantan narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II-B, Kabupaten Muara Enim, lomba panjat pinang, lomba perahu perang, serta nonton bareng dan aneka lomba Agustusan bagi 300 siswa sekolah dasar se-Kecamatan Lawang Kidul.

Khusus untuk pelatihan keterampilan khusus bagi mantan narapidana, Asisten Manajer Bina Wilayah Corporate Social Responsibility (CSR) PTBA Bambang Sumantoro mengatakan, program tersebut diselenggarakan sesuai instruksi Kementerian BUMN dalam HUT RI ke-71, di mana Bukit Asam dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri 2016 bertindak sebagai PIC dan PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) sebagai Co-PIC guna menyelenggarakan dan menyukseskan HUT RI ke-71 di Provinsi Sumatera Selatan.

"Pelatihan yang kami berikan disesuaikan dengan bakat dan minat peserta pelatihan, di mana kami telah menyiapkan pelatihan ketrampilan otomotif, las, servis elektronik, pertanian, perkebunan, dan perikanan selama enam bulan," kata Bambang Sumantoro.

Sementara itu, acara lomba panjat pinang yang digelar oleh PTBA dilaksanakan di lapangan sepak bola Karang Asem, Kelurahan Tanjung Enim Selatan, Kecamatan Lawang Kidul, tepat pada Hari Kemerdekaan Indonesia, yakni Rabu, 17 Agustus. 

Lomba bidar atau lomba perahu perang juga diselenggarakan di hari yang sama. Lomba ini merupakan lomba yang pertama kali diadakan. Lomba berlangsung di Kecamatan Lawang Kidul, diikuti 27 regu dari Kecamatan Lawang Kidul, Kecamatan Muara Enim, dan Kecamatan Merapi Timur yang ada di wilayah Kabupaten Lahat.

Acara lain yang tak kalah seru dan sarat dengan muatan pendidikan adalah Nonton Bareng yang digelar PTBA khusus untuk 300 anak-anak sekolah dasar se-Kecamatan Lawang Kidul. Film yang ditonton adalah film Garuda di Dadaku dan Laskar Pelangi. Acara Nonton Bareng ini semakin seru karena diselingi dengan lomba-lomba, kuis wawasan kebangsaan, makan kerupuk, dan sebagainya.