FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
GRC CLASS SPECIAL EVENT 2022

GRC CLASS SPECIAL EVENT 2022

30 September 2022

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
GRC CLASS SPECIAL EVENT 2022

PENERAPAN BUSINESS JUDGEMENT RULES DI BUMN DAN ANAK USAHA BUMN

Pada tanggal 28-29 September 2022 PTBA telah menyelenggarakan GRC Class Special Event 2022 dengan tema Penerapan Business Judgement Rules di BUMN dan Anak Usaha BUMN berlokasi di Jakarta. GRC Class Special Event ini merupakan rangkaian dari kegiatan GRC Executive and Regular Class 2022 yang telah dilaksanakan sejak bulan Juni 2022 dan akan berakhir pada November 2022.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa GRC merupakan akronim dari Governance, Risk and Compliance (Tata Kelola, Risiko dan Kepatuhan) yang pertama kali dirumuskan pada tahun 2003 oleh Open Compliance and Ethics Group (OCEG).

GRC telah disepakati oleh para ahli secara formal sebagai referensi terhadap kapabilitas kolektif terintegrasi yang memungkinkan organisasi dalam rangka mencapai tujuannya secara andal, mengatasi ketidakpastian dan bertindak dengan integritas, termasuk pengambilan keputusan yang akuntabel, bebas dari keragu-raguan dan pengelolaan kinerja, risiko dan kepatuhan.

Salah satu kapabilitas GRC yang secara khusus diperlukan oleh organisasi dalam pengambilan keputusan adalah Business Judgement Rules (BJR). Dalam hal terjadi peristiwa dimana keputusan bisnis yang diambil organisasi telah mempertimbangkan berbagai aspek secara hati-hati dan akuntabel, dilakukan dengan itikad baik dan cara yang benar namun pada akhirnya menimbulkan kerugian akibat faktor diluar kendali organisasi, doktrin BJR seringkali digunakan sebagai bahan pembelaan agar Direksi dapat terlindungi dan bebas dari tuntutan hukum.

GRC Special Event Business Judgement Rules 2022 kali ini dihadiri oleh sejumlah pejabat VP dan Staf lingkup fungsi GRC dan Direksi Anak & Afiliasi Perusahaan (AAP) di lingkungan PTBA Group dengan narasumber Bapak Roni Sulistyo Sutrisno, ST, GRCP, GRCA, ERMCP, CACP (PT Proxsis Solusi Bisnis).

GRC Executive and Regular Class 2022 akan berlangsung hingga November 2022 dengan menyisakan Sesi 5 dan 6 Kelas Reguler yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober dan November mendatang. Tahun depan, PTBA telah menganggarkan kelanjutan kelas GRC ini melalui program penguatan berdasarkan Konsep Model Keunggulan GRC dari GRC Forum Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Diharapkan dengan rangkaian pelatihan dan penguatan ini PTBA dan seluruh Anak & Afiliasinya memperoleh pengayaan kompetensi dalam rangka mengembangkan kapabilitas organisasi yang andal dan resilien di tengah perubahan kondisi global yang semakin tidak menentu. Sebagai bagian dari keluarga BUMN, PTBA Group tentunya memiliki kewajiban melindungi nilai Pemegang Saham dan memberikan kontribusi nyata bagi negara dan masyarakat Indonesia.