FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Membangun Masa Depan dengan Bekal Pelatihan

Membangun Masa Depan dengan Bekal Pelatihan

18 Mei 2015

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Membangun Masa Depan dengan Bekal Pelatihan

Sebagai wujud kepedulian perusahaan, PTBA menggelar acara Pelatihan Otomotif Sepeda Motor selama sebulan penuh (23 Februari - 22 Maret 2015). Pelatihan ini dilaksanakan di Diklat Center, Tanjung Enim. Dalam melakukan pelatihan ini PTBA bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prabumulih melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Prabumulih. Pelatihan ini dibuka secara resmi (23/2) oleh General Manager Unit Pertambangan Tanjung Enim.

Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta yang merupakan perwakilan dari setiap desa di sekitar wilayah PTBA. Pelatihan ini bertujuan agar masyarakat, khususnya para pemuda dapat membangun masa depan mereka dengan bekal pelatihan ini. Diharapkan agar para pemuda dapat mengembangkan strategi dalam berkarya dan berusaha, sehingga menjadi mandiri dan sejahtera. Selain bertujuan untuk membantu generasi muda dalam berkarya, kegiatan CSR PTBA ini sesuai dengan visi misi PTBA yang terus bersinergi dengan masyarakat di sekitar perusahaan.

Ajik Mardianto adalah seorang pemuda asal Desa Talang Jawa yang menjadi peserta pelatihan ini. Lulusan SMK Bina Mulya Tanjung Enim dua tahun lalu ini tekun menggosok-gosokkan amplas halus pada spare part logam kecil yang digenggamnya. Sesekali belahan manipol mesin sepeda motor itu dicelupkannya dalam cairan bensin lalu ditiup-tiup dan diamplas lagi. Bersama dua rekan sesama peserta pelatihan bahu-membahu menangani satu unit sepeda motor rusak agar bisa tampil dengan kondisi yang prima kembali. Sambil memilah peralatan perbengkelan yang telah disiapkan, pikiran pemuda itu menerawang tentang masa depan yang seolah cerah baginya, membuka bengkel motor untuk menjadi tempatnya mencari nafkah. Ia merasa beruntung telah bisa mengikuti program pelatihan ini.

Peluang bisnis perbengkelan roda dua di Tanjung Enim sangat menjanjikan bagi para pemuda, terutama bagi para pemuda yang memiliki jiwa wirausaha dan semangat tinggi. Pelatihan Automotive Roda Dua digelar guna menjawab perkembangan pesat dunia bisnis perbengkelan roda dua. Apalagi sebagian besar rumah tangga di Kecamatan Lawang Kidul memiliki sepeda motor.