FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Ambisi Cetak SDM Unggul, Holding BUMN Tambang Dirikan AKIPBA

Ambisi Cetak SDM Unggul, Holding BUMN Tambang Dirikan AKIPBA

20 Juli 2018

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Ambisi Cetak SDM Unggul, Holding BUMN Tambang Dirikan AKIPBA

Untuk melahirkan sumber daya insani yang unggul dalam sektor pertambangan, PT Inalum (Persero), PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Antam Tbk yang tergabung dalam holding BUMN Industri Pertambangan mendirikan Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA). AKIPBA menjadi wujud nyata komitmen perusahaan dalam pemenuhan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi untuk memenuhi kebutuhan industri, khususnya industri pertambangan.

Dalam pengelolaannya, sesuai amanat Kementerian BUMN, AKIPBA berada di bawah naungan Yayasan Keluarga Besar Bukit Asam (Yakasaba) dengan pembiayaan bersumber dari dana corporate social responsibility (CSR) empat perusahaan di holding BUMN Industri Pertambangan. Pelaksanaan ini merujuk pula pada perjanjian kerja sama tentang Program Pendidikan Vokasi Diploma 1 (D1) Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam tanggal 19 Maret 2018.

AKIPBA bertanggung jawab menyelenggarakan pendidikan vokasi secara profesional untuk menghasilkan sumber daya insani yang unggul dalam bidang industri pertambangan. AKIPBA juga bertanggung jawab melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat utamanya di bidang industri pertambangan untuk menghasilkan produk inovatif dan bernilai tambah, meningkatkan kualitas institusi dengan memperhatikan sumber daya dan kearifan lokal, serta mendukung pengembangan industri pertambangan nasional dalam mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam yang ramah lingkungan. Memiliki ambisi menjadi institusi pendidikan vokasi unggul dalam industri pertambangan menuju standar kelas dunia yang peduli terhadap lingkungan pertambangan tersebut, AKIPBA mengimplementasikan tekad tersebut dalam tiga program studi, yaitu teknik pengoperasian peralatan tambang, teknik pengolahan hasil tambang, dan teknik perawatan peralatan tambang. Perkuliahan pun menerapkan dua model pendidikan yakni industry based education (IBE) dan production based education (PBE) melalui sistem blok (mingguan) dan modular. Saat ini, AKIPBA memiliki tim dosen tetap yang kompeten, profesional, dan berpengalaman di bidangnya. Tim ini diperkuat oleh tim dosen tetap serta tim pengajar dan instruktur dari empat perusahaan holding BUMN tambang. Tak hanya itu, AKIPBA didukung oleh asistensi dari Politeknik Manufaktur Bandung sesuai perjanjian Yakasaba dan Politeknik Manufaktur Bandung tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Teknologi yang ditandatangani 14 Februari 2018. Seleksi penerimaan mahasiswa dilakukan oleh masing-masing anggota holding BUMN Industri Pertambangan. Peserta yang lolos seleksi di tiap-tiap anggota holding BUMN Industri Pertambangan nantinya akan menerima pendidikan di AKIPBA. Para mahasiswa yang lolos akan mendapat beasiswa pendidikan tanpa ikatan dinas, sehingga lulusan AKIPBA tidak serta merta direkrut oleh perusahaan anggota holding BUMN Industri Pertambangan. Perkuliahan AKIPBA sendiri akan dimulai pada Setember 2017, di Learning Center PTBA Tanjung Enim.