Regenerasi Insan PTBA Melalui PET 2016

Regenerasi Insan PTBA Melalui PET 2016

PT. Bukit Asam (Persero), Tbk (PTBA)  kembali menggelar program Pre Employment Training atau PET 2016.  Program yang diikuti oleh 174 orang terseleksi dari ribuan pelamar ini dibuka secara resmi oleh Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin pada tanggal 12 Mei 2016 kemarin, di Gedung Serba Guna (GSG) PTBA Lantai 4, Tanjung Enim, Sumatera Selatan.

Arviyan Arifin mengatakan, program PET Tahun 2016 ini merupakan program yang sangat penting sebagai suatu kelanjutan pembinaan SDM di PTBA. “Melalui program ini, proses adaptasi akan dialami oleh para peserta PET sebagai jembatan antara dunia pendidikan dengan dunia kerja, di mana pintu peluang karir di PTBA sangat terbuka lebar,” katanya.

Sementara itu, Senior Manajer SDM Stratejik PTBA Yudhya Santyawan mengatakan, sejak diumumkan secara online di website resmi PTBA beberapa bulan lalu, program tersebut berhasil menarik minat sekitar 17.138 anak-anak negeri dari berbagai penjuru Nusantara, dan hanya 174 orang yang lolos seleksi. 81 orang di antaranya merupakan lulusan Strata-1 (S1) dari berbagai jurusan, dan 93 orang lainnya merupakan lulusan D3.

“Mereka akan mengikuti proses pendidikan di Kantor Pusat PTBA, Tanjung Enim, Sumatera Selatan, selama tiga bulan. Mereka akan digembleng dengan beragam materi pelatihan, di antaranya pembinaan mental, fisik, dan disiplin (Bintalsikdis) di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) II/Sriwijaya di Desa Karang Raja, Muara Enim selama dua minggu,” katanya.

Sementara Direktur SDM dan Umum PTBA Suryo Eko Hadianto juga mengatakan, proses tahapan dalam PET merupakan program dari sistem ke-SDM-an PTBA yang harus dilalui selama tiga bulan yang juga berfungsi sebagai proses penyaringan.

"Siapa yang tidak performed, tidak commited, tidak kuat, terpaksa harus keluar dan tidak bisa melanjutkan ke proses berikutnya. Jadi di sini, hanya diri peserta sendiri sajalah yang bisa menentukan berhasil tidaknya mereka dalam melewati tahapan-tahapan dalam PET," jelas Suryo.

PET Tahun 2016 dilaksanakan PTBA sebagai bentuk investasi insani perusahaan yang sekarang telah mencapai usia ke-35 tahun. Regenerasi insan-insan PTBA ini menjadi perhatian serius bagi Manajemen serta Satuan Kerja SDM, khususnya SDM Stratejik, yang tak hanya untuk sekadar menyambung kaderisasi pegawai, tetapi juga untuk memastikan cita-cita yang telah ditetapkan perusahaan dapat terwujud dan terlaksana dengan bergabungnya insan-insan potensial muda baru di PT Bukit Asam (Persero), Tbk guna menggapai tujuan sebagai PTBA the Great.