Unit Pelabuhan Tarahan Sebagai Koordinator Satuan Gugus Tugas BUMN Melakukan Upaya Pencegahan Covid-19 di Terminal Rajabasa, Bandar Lampung Provinsi Lampung

Unit Pelabuhan Tarahan merupakan pelabuhan batubara yang dimiliki oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Unit Pelabuhan Tarahan berlokasi di Jalan Soekarno Hatta KM. 15 Panjang, Kelurahan Srengsem, Kecamatan Panjang – Bandar Lampung.

Berdasarkan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Nomor : SK-77/MBU/03/2020 tanggal 17 Maret 2020 tentang Pembentukan Satuan Tugas Bencana Nasional Badan Usaha Milik Negara (Satgas BUMN), dan PTBA melalui Unit Pelabuhan Tarahan ditunjuk sebagai Koordinator untuk melaksanakan pencegahan wabah Virus Corona (Covid-19) di Wilayah Provinsi Lampung.

Kegiatan Satgas BUMN di laksanakan di Terminal Tipe A Rajabasa Bandar Lampung melibatkan unsur Kepolisian Polres Bandar Lampung, TNI Kodim 0410 Kota Bandar Lampung, termasuk Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Terminal Tipe A Rajabasa.

Kegiatan Satgas BUMN berjalan dengan lancar dan tertib, dengan memberikan sosialisasi bahaya Virus Corona (Covid-19) yang saat ini sangat cepat menyebarnya dan cara penanganannya kepada para penumpang dan pengunjung yang ada di Terminal Tipe A Rajabasa oleh Dr Win Gerugu Syah merupakan dokter perusahaan PTBA Unit Pelabuhan Tarahan.

Satgas BUMN menyiapkan 2000 masker dan hand sanitizer untuk dibagikan kepada para pengunjung dan penumpang di Terminal Tipe A Rajabasa, unsur Kepolisian Polres Bandar Lampung, unsur TNI Kodim 0410 Kota Bandar Lampung dan unsur Pemerintah Provinsi Lampung Terminal Tipe A Rajabasa. Pemberian Masker diserahkan langsung secara simbolis oleh General Manager Bukit Asam Unit Pelabuhan Tarahan Biverli Binanga kepada masing-masing penerima.

Dilanjutkan dengan penempatan hand sanitizer ditempat strategis dan penyemprotan disinfektan di area tempat berkumpulnya banyak orang di dalam areal Terminal Tipe A Rajabasa termasuk tempat sarana ibadah, untuk dapat menghambat penyebaran Covid-19, pada Selasa, 24 Maret 2020 di Terminal Tipe A Rajabasa.

Sedangkan untuk para penumpang Bus yang sedang menunggu dan yang akan melanjutkan perjalanannya diberikan masker, hand sanitizer dan dicek oleh alat Pengukur Suhu Badan (Termometer Infra Red), untuk menciptakan rasa aman dari Virus Corona, diberikan langsung secara simbolis oleh General Manager Bukit Asam Unit Pelabuhan Tarahan Biverli Binanga, Pimpinan BRI Raden Inten Yusrif Mulyadi, Kapolres Bandar Lampung Kombes Yan Budi Jaya serta Dandim 0410 Kota Bandar Lampung Kolonel Romas Herlandes.

Kegiatan Satgas BUMN dihadiri oleh Pimpinan BUMN antara lain : General Manager Bukit Asam Unit Pelabuhan Tarahan Biverli Binanga, Kepala Bank BRI Raden Intan Yusrif Mulyadi, Perum Damri Elpohan, PT Angkasa Pura Putri, dan dari unsur TNI Dandim 0410 Kolonel. Romas Herlandes, Danramil 410-06 Kedaton Mayor Anang Nugroho, dari unsur Kepolisian Kapolres Bandar Lampung Kombes Yan Budi Jaya, Kapolsek Kedaton Kompol M Daud, dari unsur Pemerintah Provinsi Lampung, Kadis Perhubungan diwakili oleh Edy Irianto, Kepala Terminal Tipe A Rajabasa Denny Wijdan.

“Kita bisa lihat ditempat ini kan banyak sekali orang yang berpergian dan datang ke kota Bandar lampung, jadi kita fokus pada tempat keramain seperti ini,” kata General Manager Bukit Asam Unit Pelabuhan Tarahan Biverli Binanga.

Maka, pihaknya bekerjasama dengan Terminal Tipe A Rajabasa untuk dapat mencegah menyebarnya Covid-19 dengan cara mensosisialisasikan bahaya virus ini dengan membagikan masker, hand sanitzer dan penyemprotan disinfektan.

“Dan kita juga sudah melakukan penanganan Virus Corona di sekitar wilayah Ring 1 operasional perusahaan yaitu Dusun Batu Serampok kelurahan Srengsem Kecamatan Panjang, yang difokuskan di tempat-tempat sarana ibadah yang merupakan tempatnya berkumpul orang banyak. Ini semua sebagai wujud kepedulian BUMN Hadir Untuk Negeri di wilayah Bandar Lampung melalui Satgas BUMN,” imbuhnya.