Bukit Asam Gelar Seleksi Bidiksiba Polinema

PT Bukit Asam Tbk menggelar seleksi beasiswa pendidikan sekitar Bukit Asam (Bidiksiba) untuk masuk perguruan tinggi negeri Politeknik Negeri Malang (Polinema). Sebanyak 41 peserta mengikuti seleksi yang dilaksanakan di SMK Bukit Asam Tanjung Enim, Sabtu (20/6).

Ketua Tim Bidiksiba, Yusril Alamsyah, melalui Sekretaris Syamsuir mengatakan, program Bidiksiba ini bekerjasama dengan pemerintah setempat di antaranya Kabupaten Muara Enim meliputi Kecamatan Lawang Kidul, Kecamatan Tanjung Agung, Kecamatan Muara Enim, serta Kabupaten Lahat meliputi Kecamatan Merapi Barat dan Kecamatan Merapi Timur. Nantinya, para peserta yang lolos seleksi beasiswa dan passing grade akan menempuh pendidikan di Polinema dengan bantuan beasiswa penuh meliputi biaya pendidikan dan biaya hidup.

"Semua biaya akan ditanggung Bukit Asam. Sebagai catatan, penerima beasiswa harus memiliki minimal IPK 3,0. Jika dibawah itu tiga kali berturut-turut, maka beasiswa akan dicabut,” imbuh Syamsuir.

Bidiksiba merupakan beasiswa pendidikan yang ditujukan bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan. Tak tanggung-tanggung, dana sebesar Rp 6,3 Miliar siap digelontorkan pada tahun 2020 untuk program ini.

Di sisi lain, Bukit Asam juga berencana menggelar beasiswa pendidikan kesehatan bagi masyarakat sekitar. Program ini bertujuan memenuhi sumber daya manusia di Rumah Sakit Bukit Asam Medika (BAM), Tanjung Enim. Hingga saat ini, kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi tengah dijajaki.