Terima Kasih Siswa Mengenal Nusantara

Catatan Harian SMN 

Terima Kasih Siswa Mengenal Nusantara

Pesawat pukul 02.00 dini hari ini akan membawa kami ke Maluku Utara. Isi kepala kami penuh dengan berbagai memori dan pengalaman yang luar biasa. Yang tadinya hanya kami ketahui dari buku, kemarin telah kami lihat dan pelajari langsung di Lampung. Kami rindu keluarga tapi rasanya baru sebentar kami di Lampung.

Sesampainya di Maluku Utara, kami segera menuju hotel. Meski rangkaian ekspedisi kami di Lampung telah selesai, program SMN ini belum berakhir. Di Maluku Utara ini kami kembali bertemu dengan teman-teman peserta SMN dari Lampung.

Di hari terakhir program SMN ini, kami dan teman-teman SMN dari Lampung mengikuti Penutupan Kegiatan SMN di Maluku Utara. Di penutupan ini, kami dan teman-teman dari Lampung menampilkan tarian dan nyanyian daerah. Tak hanya itu, pada penutupan ini kami juga saling berbagi pengalaman dan cerita dalam mengunjungi provinsi tujuan kami.

Apa yang kami rasakan sama seperti apa yang teman-teman dari Lampung rasakan. Kami terkesan dengan kebudayaan, wisata, dan potensi yang ada di provinsi tujuan kami. Di sini kami akhirnya mengerti bahwa Indonesia sangat kaya dan beragam kebudayaan.

Pengalaman untuk bertualang selama 9 hari ternyata sangatlah singkat untuk mengenal suatu kebudayaan. Namun, pengalaman yang singkat ini memberikan kami banyak sekali pelajaran baru, teman baru, saudara baru, dan cerita yang tidak akan hilang dari memori.

Sungguh Indonesia sangat kaya, dan kami sebagai generasi bangsa harus terus berjuang untuk menjaga persatuan Indonesia dengan menjaga keberagamannya. Karena perbedaan inilah yang membuat kita kuat dan terus bersatu. Terima kasih Siswa Mengenal Nusantara yang telah memberikan pelajaran dan pengalaman nyata bagi kami.