FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok

Kenangan

PTBA Tandatangani Nota Kesepahaman dengan ITB

PT Bukit Asam (Persero) Tbk atau PTBA menandatangani Nota Kesepahaman dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) terkait Kerja sama riset dan pengembangan di bidang energi dan industri. Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Direktur Utama PTBA, Arviyan Arifin dan Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA. Penyerahan dilakukan oleh Prof.Ir. Bermawi Priyatna Iskandar, M.Sc., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Academik pada hari ini Selasa, 23 Mei 2017 di Gedung Rektorat ITB.

Sesuai dengan visi PTBA untuk menjadi “Perusahaan Energi Kelas Dunia yang Peduli Lingkungan”, PTBA mendukung kajian untuk mengolah batubara menjadi beberapa produk derivatifnya, sehingga PTBA merasa perlu untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya dari kalangan perguruan tinggi seperti ITB.

Berbagai bentuk kerjasama antara PTBA dengan ITB antara lain meliputi riset gasifikasi batubara dan riset gasifikasi biomassa untuk menghasilkan sintesis gas (CO dan H2) untuk memproduksi methanol dan produk turunan batubara, di antaranya Dimethyl Ether (DME), sejenis bahan bakar sebagai pengganti LPG, Olefin, Amoniak, dan Urea.

Selain melaksanakan kerjasama pada bidang riset gasifikasi batubara kalori rendah dan gasifikasi biomassa, kerjasama ini meliputi riset pembuatan karbon komposit dari bahan biomassa, riset pembuatan fuel cell, riset pembuatan solar cell, dan kerjasama dalam bidang pendidikan.

Dari kerjasama ini, PTBA berharap ITB mampu untuk memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pemanfaatan batubara untuk menghasilkan berbagai produk derivatifnya. Selain itu, PTBA juga berharap melalui kerjasama ini PTBA dapat meningkatkan potensi bisnis dari hasil riset yang dijalankan bersama dengan ITB, sebagai bagian dari strategi pengembangan bisnis “Beyond Coal”.


Kenangan Lainnya

Kemeriahan Malam Puncak HUT Ke-36 PTBA

Kemeriahan Malam Puncak HUT Ke-36 PTBA Rangkaian HUT ke-36 PTBA yang telah dimulai sejak 19 Februari 2017 sampailah pada acara puncak yang telah sukses terselenggara pada hari Jumat, 10 Maret…

March 03, 2017

PTBA Tandatangani Nota Kesepahaman dengan ITB

PT Bukit Asam (Persero) Tbk atau PTBA menandatangani Nota Kesepahaman dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) terkait Kerja sama riset dan pengembangan di bidang energi dan industri. Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan…

May 05, 2017

Mengenang Tambang Batu Bara di Sawahlunto

Nama Sawahlunto tidak asing lagi sejak even olahraga bertaraf internasional Tour de Singkarak yang digelar oleh Pemerintah Kota Sawahlunto, Padang, Sumatera Barat. Acara ini didukung penuh oleh perusahaan pertambangan batu…

October 10, 2016