FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Pengertian Batubara

Pengertian Batubara

20 Desember 2014

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Pengertian Batubara

Sebagai salah satu bahan galian dari alam, batubara mempunyai heterogenitas, dan kompleksitas yang tinggi.

Beberapa pakar telah mencoba memberikan definisi batubara yaitu:

1. Spackman (1958 ): Batubara adalah suatu benda padat karbonan berkomposisi maseral tertentu.

2. The lnternational Hand Book of Coal Petrography (1963) : Batubara adalah batuan sedimen yang mudah terbakar, terbentuk dari sisa-sisa tanaman dalam variasi tingkat pengawetan, diikat oleh proses kompaksi dan terkubur dalam cekungan-cekungan pada kedalaman yang bervariasi, dari dangkal sampai dalam.

3. Thiessen (1974) : Batubara adalah suatu benda padat yang kompleks, terdiri dari bermacam-macam unsur kimia atau merupakan benda padat organik yang sangat rumit.

4. Achmad Prijono, dkk. (1992) : Batubara adalah bahan bakar hydro-karbon padat yang terbentuk dari tumbuh-tumbuhan dalam lingkungan bebas oksigen dan terkena pengaruh temperatur serta tekanan yang berlangsung sangat lama.

Dari beberapa sumber diatas, dapat dirangkum suatu definisi yaitu: “Batubara adalah berupa sedimen organik bahan bakar hidrokarbon padat yang terbentuk dari tumbuh-tumbuhan yang telah mengalami pembusukan secara biokimia, kimia dan fisika dalam kondisi bebas oksigen yang berlangsung pada tekanan serta temperatur tertentu pada kurun waktu yang sangat lama”