SAMBUTAN DIREKTUR UTAMA

Sambutan Direktur Utama Menyambut Kinerja Tahun 2019

Tahun 2018 merupakan tahun yang sangat membanggakan, seiring dengan keberhasilan Perseroan dalam mencatatkan kinerja operasional dan keuangan yang sangat baik. Volume produksi, volume penjualan, hingga laba bersih Perseroan menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan target dan realisasi tahun sebelumnya.

Di tengah kondisi ekonomi global yang dihadapkan pada sejumlah ketidakpastian yang disebabkan oleh beberapa hal, seperti Bank Sentral Amerika (The Federal Reserve) yang menaikkan suku bunganya sebanyak tiga kali selama tahun 2018, perang dagang Amerika Serikat–Tiongkok, krisis Turki, hingga krisis politik dan gejolak keuangan di Italia, Perseroan masih mampu menunjukkan kinerja operasional dan keuangan yang menggembirakan akibat penerapan strategi usaha yang efektif serta efisiensi yang berkelanjutan, di antaranya dengan melakukan penjualan ekspor batu bara medium to high calorie ke premium market yang sudah mulai dioptimalkan pada triwulan ketiga tahun 2018.

Tidak hanya itu saja, pencapaian kinerja Perseroan yang cemerlang tersebut didukung oleh implementasi beberapa strategi inisiatif lainnya, di antaranya melalui peningkatan produktivitas, efisiensi biaya yang terus menerus dan menjadi bagian dari budaya Perseroan, serta memaksimalkan peluang kenaikan harga batu bara global. Strategi inisiatif tersebut diimplementasikan dengan memperhatikan kondisi eksternal seperti pelemahan Rupiah terhadap Dolar Amerika dan tentunya peningkatan permintaan batu bara, baik dari Tiongkok akibat kurangnya pasokan batu bara domestik selama musim panas yang ekstrim, India yang produksinya masih belum mampu memenuhi kebutuhan domestik hingga adanya peningkatan demand untuk Korea Selatan.

Detail pencapaian Perseroan tahun 2018:

  • Volume penjualan mencapai 24,69 juta ton atau tercapai 95% dari target tahun 2018 sebesar 25,88 juta ton, serta mencapai 105% dari realisasi tahun sebelumnya sebesar 23,63 juta ton.
  • Volume produksi mencapai 26,36 juta ton atau tercapai 103% dari target yang ditetapkan sebesar 25,54 juta ton, serta meningkat 9% dibandingkan realisasi volume produksi tahun 2017 sebesar 24,23 juta ton.
  • Volume angkutan kereta api tercapai sebesar 22,69 juta ton atau tercapai 98% dari target sebesar 23,10 juta ton, dan mencapai 106% dibandingkan realisasi tahun 2017 sebesar 21,36 juta ton.
  • Pendapatan selama tahun 2018 mencapai Rp21,17 triliun atau meningkat 9% dibandingkan pendapatan selama tahun 2017 sebesar Rp19,47 triliun.
  • Laba bersih Perseroan tercatat sebesar Rp5,02 triliun, atau naik 12% dari laba bersih tahun sebelumnya yang hanya Rp4,48 triliun.

Masih terkait dengan langkah hilirisasi batu bara, Perseroan bersama dengan PT Pertamina (Persero) dan Air Products and Chemicals, Inc menandatangani kerja sama untuk gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME) dan synthetic natural gas (SNG).

Kerja sama ini merupakan langkah strategis bagi semua pihak dalam rangka meningkatkan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional, melalui pemanfaatan DME dan SNG. DME sendiri merupakan salah satu produk hilirisasi batu bara yang ditujukan sebagai pengganti LPG. Oleh karena itu, pabrik gasifikasi batu bara merupakan proyek yang sangat strategis secara nasional serta mencerminkan pemanfaatan energi dari dalam negeri untuk masyarakat Indonesia.

Selain itu, Perseroan juga memiliki beberapa proyek pengembangan pembangkit listrik seperti PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 dan PLTU Feni Halmahera Timur. Proyek-proyek pengembangan tersebut merupakan bentuk komitmen Perseroan untuk tidak hanya mempunyai usaha di bidang generik tetapi juga mempunyai usaha di bidang power plant, serta akan berkembang ke bidang benefisiasi. Berbekal komitmen tersebut, Perseroan sangat siap untuk terus mengembangkan PLTU, PLTS, serta hilirisasi produk batu bara untuk memastikan keberlanjutan bisnis.

Seluruh jajaran Direksi mengucapkan apresiasi dan terima kasih sebesar- besarnya kepada para pemegang saham, pemangku kepentingan, serta mitra bisnis. Apresiasi mendalam khususnya juga ditujukan kepada Dewan Komisaris, pihak manajemen, serta seluruh karyawan yang turut berkontribusi mendukung tumbuh kembang Perseroan .

Apresiasi juga kami sampaikan kepada pemerintah, pihak regulator, masyarakat luas, serta konsumen pada khususnya atas segala dukungan yang senantiasa mendorong kemajuan Perseroan. Berbekal dukungan penuh dari seluruh pihak, Perseroan berkomitmen untuk mewujudkan visinya menjadi perusahaan energi kelas dunia yang senantiasa memperhatikan lingkungan.


Jakarta

Direktur Utama

Arviyan Arifin

Arviyan Arivin

Direktur Utama