Circular Economy Pertanian Terpadu Desa Pagar Dewa

Program ini dijalankan dengan mendirikan Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) bidang pertanian berbasis pangan sehat dan energi terbarukan untuk terciptanya kemandirian ekonomi, lingkungan dan sosial yang berkelanjutan.

Program SIBA Pertanian juga mendukung program Strategis Nasional yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia dalam kedaulatan pangan melalui program Go Organik dan Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAN -GRK ).

Program ini juga merupakan tindak lanjut setelah Desa Pagar Dewa meraih penghargaan sebagai Desa Proklim Tingkat Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2016.

Pada aspek lingkungan, program pertanian terpadu ini memanfaatkan limbah jerami dan kotoran hewan sebagai pupuk organik, memanfaatkan energi terbarukan Solar Cell 12.000 watt sebagai penyediaan sarana prasarana pengolahan hasil pertanian (rice mill, rice polisher, gudang, dll) dengan teknologi energi terbarukan solar cell.

Berlokasi di Desa Pagar Dewa, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan
Potensi lahan pertanian ± 150 hektar
Produksi ± 1 .200 ton /tahun
Produk unggulan "Beras Sehat Dewa Bukit Asam"
Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) Rosella

Berdiri pada tahun 2020, SIBA Rosella adalah program CSR PTBA yang memberdayakan masyarakat melalui kegiatan budidaya tanaman rosella dan produksi aneka olahan turunan di wilayah operasional perusahaan. SIBA Rosella bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang berdaya dan mandiri melalui pembudidayaan dan produksi olahan tanaman rosella.

Anggota SIBA Rosella saat ini ada sebanyak 30 orang yang di dalamnya terbagi menjadi tiga unit yaitu pembibitan, pemasaran dan produksi dan mayoritas merupakan Ibu -Ibu PKK Kelurahan Pasar Tanjung Enim.

Program SIBA Rosella diinisiasi pada tahun 2019 oleh perorangan dari salah satu masyarakat yang bernama Ibu Dian Apriana yang mengusulkan program tentang rosella kepada CSR PTBA. Pada Februari 2020 , usulan Ibu Dian atas program rosella disetujui dan diresmikan sebagai program CSR PTBA.

Selanjutnya dilakukan sosialisasi ke ibu -ibu PKK Tanjung Enim, pemberian bantuan sarana dan prasarana, pengembangan lahan selain di lahan Demonstration Plot (Demplot), dan pendampingan program. Budidaya rosella dilakukan di Kantor Lurah Pasar Tanjung Enim dan di pekarangan ibu -ibu PKK anggota SIBA Rosella. Selain itu, terdapat kebun untuk penanaman rosella (Demplot ) di SIBA Center, Desa Lingga yang memiliki luas sekitar 2000 meter persegi.