Dalam menjalankan usaha, PTBA berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi semua peraturan dan ketentuan di bidang sosial maupun ekonomi. Bagi Perusahaan, kepatuhan terhadap regulasi merupakan komitmen yang tidak bisa ditawar. Melalui mekanisme kepatuhan itulah, Perusahaan bisa menjalankan usaha dengan tenang. [103-1]

Dalam hubungannya dengan karyawan, kepatuhan Perusahaan ditunjukkan dengan memenuhi berbagai ketentuan dalam undang-undang ketenagakerjaan, seperti yang berkaitan dengan jam kerja, upah, tunjangan, remunerasi dan sebagainya. Sementara itu, berkaitan dengan pelayanan terhadap pelanggan, Perusahaan berupaya memenuhi hak-hak konsumen, seperti memberikan informasi secara benar dan jelas dalam pemasaran, menyediakan saluran pengaduan, dan sebagainya. [103-2]

Komitmen kepatuhan terhadap berbagai regulasi yang berlaku di bidang sosialdan ekonomi membawa hasil dengan tidak adanya denda atau sanksi non-moneter akibat ketidakpatuhan yang diterima PTBA. Selain itu, selama tahun pelaporan juga tidak ada kasus yang menimpa PBTA yang diajukan ke mekanisme penyelesaian sengketa. [103-3, 419-1]