Peran Mine Control Center (MCC) di PTBA

Peran Mine Control Center (MCC) di PTBA

Saat ini PTBA telah menggunakan sistem penambangan continous mining. Sistem ini menggunakan beberapa alat tambang utama (ATU) di antaranya adalah bucket wheel excavator (BWE), spreader dan stacker reclaimer (SP & SR) serta train loading station (TLS). Di tulisan-tulisan sebelumnya ATU sudah dibahas. Tulisan kali ini ditujukan untuk membahas peran mine control center (MCC).

Secara bahasa, MCC diartikan sebagi pusat kendali tambang. Namun MCC di PTBA merupakan pusat pengawasan opersional sistem penambangan secara menyeluruh dan terpadu. Koordinasi dan kendali penambangan dengan sistem continous mining dilakukan di MCC ini. Keberadaan MCC penting, karena tanpa adanya MCC, maka ATU tidak dapat beroperasi secara optimal. Dari MCC, operasional penambangan dikendalikan secara interlock mulai dari BWE hingga SP dan SR dan TLS. Semua ATU tersebut terhubung melalui belt conveyor.

Selain itu, MCC juga berperan dalam mencatat waktu mulai dari jam operasional, durasi halangan dan lama standby ATU. Catatan-catatan merupakan laporan yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan. Pencatatan hasil produksi batubara dan kelancaran komunikasi pun memerlukan dukungan dari MCC.