Bukit Asam Raih Penghargaan dalam World Safety Organization Indonesia Safety Culture Award (WISCA) Tahun 2021

World Safety Organization Indonesia Safety Culture Award (WISCA) merupakan salah satu program yang dilakukan oleh WSO (World Safety Organization) Indonesia sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam membangun Indonesia berbudaya K3. Penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang telah menjalankan progam budaya K3, telah mengukur level budaya K3 dan telah mengimplementasikan Sistem Manajemen K3. Penghargaan ini diberikan dalam 3 kategori yaitu:

  • Emas / Gold – Level 5
  • Perak / Silver – Level 4
  • Perunggu / Bronze – Level 3

Pada periode WISCA tahun 2021 ini Bukit Asam mendapatkan Penghargaan Safety Culture Award (WISCA) 2021 Kategori Silver atau Level 4. Terdapat 9 (sembilan) program unggulan yang disampaikan Bukit Asam dalam proses penilaian ini diantaranya :

  1. Menunjukkan Komitmen Manajemen terhadap K3 dan Lingkungan dengan pelaksanaan Top Management Tour yang dilaksanakan oleh Direksi, General Manajer dan Senior Manajer.
  2. Mengimplementasikan Sistem Manajemen K3 dimana telah dibuktikan Bukit Asam dengan mendapatkan Sertifikat SMK3 Predikat Emas.
  3. Melaksanakan pertemuan K3 yang dilakukan secara rutin dalam bentuk safety committee dan P2K3.
  4. Menetapkan komitmen joint inspection dalam bentuk Middle Management Inspection yang terdiri dari Inspeksi area tambang, Inspeksi Area CHF & BWE System dan Inspeksi Area Workshop yang dilakukan oleh pejabat setingkat manajer.
  5. Membentuk Agent SHE yang merupakan perpanjangan tangan K3 yang berasal dari Satuan Kerja dan Mitra Kerja yang bertugas untuk melaporkan sumber bahaya yang ditemukan di area kerja, melakukan inspeksi di area kerja, melakukan safety talk sebagai sarana pembinaan terhadap rekan kerja lain.
  6. Membangun budaya pelaporan oleh pekerja terhadap kondisi tidak aman dan tindakan tidak aman dengan menyediakan fasilitas call center K3 (081266992279)
  7. Meningkatkan kepatuhan pekerja terhadap peraturan K3 dengan berkomitmen mengimplementasikan Golden Rules berbasis denda finansial.
  8. Melakukan monitoring ketaatan terhadap golden rules melalui program sweeping golden rules yang dilakukan secara gabungan dan sidak golden rules yang dilakukan oleh Satuan Kerja K3 Pertambangan.
  9. Membangun budaya sharing informasi K3 di satuan kerja dan mitra kerja yang dilakukan secara rutin dengan program Induksi K3L.
Dalam acara penganugerahan WISCA Tahun 2021 yang berlangsung secara daring, Bapak Hadis Surya Palapa selaku Direktur Operasi Produksi Bukit Asam dalam testimoninya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia WSO Indonesia dimana Bukit Asam telah dianugerahkan penghargaan WISCA Award kategory silver artinya Bukit Asam telah mendapat pengakuan sebagai perusahaan yang sudah mencapai budaya keselamatan dan kesehatan kerja tingkat 4 atau tingkat pro aktif. Penghargaan ini sangat berarti bagi Bukit Asam dan merupakan hasil kerja sama seluruh insan Bukit Asam dan mitra kerja untuk selalu peduli atas kepatuhan K3 dalam setiap pelaksanaan aktivitas operasional. Semoga penghargaan ini dapat dijadikan motivasi untuk terus meningkatkan budaya K3 di Bukit Asam hingga mencapai level yang tertinggi.