Bukit Asam Resmikan Gedung Sekolah Bertaraf Internasional serta Pemukiman Bara Lestari I Tahap II

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk, Arviyan Arifin dan Bupati Muara Enim H. Juarsah bersama-sama meresmikan gedung sekolah SD & SMP berstandar internasional sekaligus pemukiman Bara Lestari I Tahap II yang dihadiri juga oleh Dandim 0404 dan Kapolres Muara Enim (14/1).

Gedung SD dan SMP berskala internasional ini merupakan bagian dari rencana pembangunan kawasan pendidikan terpadu Bukit Asam dan wujud komitmen perusahaan untuk terus mengembangkan dan memajukan pendidikan di Kabupaten Muara Enim.

Direktur Utama Bukit Asam menuturkan bahwa SD dan SMP yang didirikan Bukit Asam dibangun di lahan seluas 2.132 m2, dengan fasilitas 12 ruang kelas, ruang guru, kantor administrasi, kantin, lapangan basket, dan lapangan voli, dengan nilai Rp. 13,9 miliar melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Bukit Asam.

"Selanjutnya, dalam waktu dekat, PTBA juga akan membangun gedung SMA Bukit Asam dengan fasilitas lebih lengkap, seperti gedung laboratorium praktek untuk mahasiswa maupun siswa Bukit Asam, gedung diklat, dan gedung penunjang lainnya,” ujar Arviyan Arifin.

Dengan adanya gedung SD dan SMP ini, Ia berharap dapat meningkatkan kualitas SDM yang lebih baik diwilayah sekitar perusahaan terutama ring 1 Kabupaten Muara Enim bisa lebih baik hingga dapat bersaing dengan daerah lainnya. “Semoga dengan adanya sekolah yang bertaraf internasional ini, anak-anak akan lebih percaya diri," ujarnya.

Selain peresmian gedung sekolah, Direktur Utama Bukit Asam dan Bupati Muara Enim ini juga meresmikan Pemukiman Warga Bara Lestari. Kawasan penduduk yang terletak di Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul ini merupakan pembangunan Bara Lestari I tahap II.

Kawasan Pemukiman Perumahan Bara Lestari 1 tahap II terdiri dari 163 unit rumah berada pada lahan seluas 4.892 m2, terdiri dari 50 unit rumah tipe 21 dan 110 unit rumah tipe 34 dengan total nilai mencapai Rp 17, 49 miliar yang juga bersumber dari dana CSR Bukit Asam.

Pada kawasan pemukiman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum dan fasilitas sosial, jaringan air bersih, drainase dan pembangunan jalan. Pembangunan pemukiman ini, erupakan wujud komitmen Bukit Asam untuk mensejahterakan dan meningkatkan standar kualitas hidup warga Kabupaten Muara Enim terutama warga yang semula bermukim dikawasan yang berdekatan dengan area tambang Bukit Asam dan kini telah menjadi Taman Hutan Rakyat (Tahura).

Usai peresmian, Direktur Utama Bukit Asam, Bupati Muara Enim beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Muara Enim, Tripika Kecamatan Lawang Kidul melakukan penanaman pohon jenis Tabebuya di area sekolah.

Di hadapan awak media, Arviyan mengatakan Bukit Asam akan terus melakukan program penghijauan di area bekas tambang seperti jenis minyak kayu putih untuk menjaga ekosistem lingkungan perusahaan.

"Alhamdulillah, Pemerintah selalu mendukung program perusahaan baik pembangunan sarana dan prasarana, program kemitraaan dan kerjasama dengan dunia usaha untuk kesejahteraan masyarakat disekitar. Kedepan kita punya keyakinan, dengan program vaksin yg dilakukan pemerintah pusat saat ini dapat segera merambah ke daerah-daerah, hingga pandemi Covid-19 ini segera berakhir, kehidupan kembali normal, ekonomi akan tumbuh kembali dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Muara Enim, Juarsah, mengapresiasi kepedulian Bukit Asam dalam membangun dunia pendidikan di Kabupaten Muara Enim dengan membangun gedung sekolah berstandar internasional, serta kepedulian Bukit Asam dalam memberikan hunian yang layak, aman dan nyaman di Pemukiman Perumahan Bara Lestari.