Berjumpa Kawan Baru

Catatan Harian SMN

Berjumpa Kawan Baru

Suara gamolan mengalun merdu seirama dengan gerak gemulai para penari yang menarikan Tari Penyambutan. Puluhan pasang mata dari remaja berseragam putih tak lepas menikmati keelokan tarian khas Lampung ini. Inilah pertama kalinya mereka melihat langsung tarian khas Lampung di Negeri sang Bumi Ruwai Jurai.

Wajar rasanya jika para remaja ini terbuai. Datang dari tanah dan pulau yang berbeda, para siswa yang berasal dari Maluku Utara ini harus terbang ribuan kilo untuk menyaksikan penampilan tersebut. Tak sekadar penampilan, para siswa terpilih ini akan mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara di Lampung. Sebanyak 23 siswa akan diajak berkeliling mengenal kebudayaan, wisata, serta sejarah Lampung.

Malam pembukaan Siswa Mengenal Nusantara pada Selasa, 13 Agutus 2019, menjadi momen pertemuan pertama siswa Maluku Utara dengan siswa Lampung yang akan diberangkatkan ke Maluku Utara keesokan harinya. Tak ada sedikit pun rasa canggung. Para peserta justru larut dalam suasana hangat dan akrab. Masing-masing saling mengenalkan diri dan bercerita satu sama lain.

Seperti halnya program pertukaran pelajar, para siswa ini menampilkan kebudayaan khas dari daerah masing-masing untuk diperkenalkan. Siswa Lampung menampilkan pantomim dan aneka tarian Lampung, dan siswa Maluku Utara menampilkan puisi, nyanyian dan tarian khas Maluku Utara. Semuanya sangat antusias menyaksikan kemeriahan penampilan Siswa Mengenal Nusantara.

Dalam kesempatan ini, GM Unit Pelabuhan Tarahan PT Bukit Asam Tbk, Hadis Surya Palapa menyampaikan pesan khusus bagi seluruh peserta Siswa Mengenal Nusantara.

“Boleh kalian berbangga mengikuti SMN ini, tapi jangan cepat puas. Galilah sebanyak-banyaknya ilmu untuk bekal kalian. Sekarang kalian mengikuti Siswa Mengenal Nusantara, siapa tahu nanti kalian bisa mengenal dunia yang jauh lebih luas,” ujarnya, yang disambut tepuk tangan hadirin yang hadir.

Keakraban pun terus berlanjut hingga akhir acara. Para peserta kompak menyanyikan lagu Maluku Utara dengan semangat. Kendati baru hari pertama di Lampung, para peserta tampaknya telah mendapatkan pengalaman seru yakni pengalaman berjumpa kawan baru.