Pembekalan Siswa Sebelum ke Maluku Utara

Memeriahkan rangkaian BUMN Hadir untuk Negeri, Bukit Asam bersama Brantas Abipraya dan Kawasan Berikat Nusantara menyelenggarakan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara di Lampung. Akhir Juli lalu, ketiga BUMN ini bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung menyeleksi  sejumlah siswa SMA/SMK dan SLB untuk mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara. Berbagai tahap seleksi dilakukan untuk menjaring putra putri terbaik dari setiap kota dan kabupaten di Provinsi Lampung, antara lain psikotes, tes akademik, tes wawancara dan tes kesehatan.

Dari seleksi tersebut terpilih 23 siswa yang akan dikirim ke Maluku Utara untuk mengenal ragam kebudayaan Indonesia selama sembilan hari. Dari 23 siswa terpilih, 3 di antaranya merupakan siswa berkebutuhan khusus yang akan mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara dengan didampingi oleh guru pendamping.

Sebelum diberangkatkan menuju Maluku Utara, para peserta diberikan pembekalan oleh ketiga BUMN penyelenggara. Para siswa ini diberikan pengenalan lebih dalam mengenai program BUMN Hadir Untuk Negeri dan Siswa Mengenal Nusantara, pengenalan perusahaan dan pembekalan kebudayaan. Pembekalan diselenggarakan pada 5 hingga 8 Agustus 2019 di Bandar Lampung. Pembekalan ini juga dimanfaatkan oleh para siswa untuk menumbuhkan kekompakan dan mengenal satu sama lain.

Tak hanya itu, para siswa pun berkesempatan mengunjungi unit usaha perusahaan untuk melihat lebih dalam mengenai proses produksi. Kemampuan dan pengetahun seni budaya para siswa juga dilatih untuk kemudian ditampilkan di Maluku Utara.

Diharapkan dengan adanya pembekalan ini, para siswa dapat lebih siap untuk mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara dan mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari kegiatan ini.