Satu Tahun Sinergi Tanpa Henti

27 November menjadi momentum yang istimewa bagi Holding Industri Pertambangan (HIP). Holding industri yang digawangi oleh PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, dan PT Timah Tbk dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum sebagai induknya ini telah menginjak usia satu tahun. Sejak diresmikan pada tahun 2017 lalu, HIP terus berusaha mewujudkan ambisi menjadi perusahaan kelas dunia. Bertujuan meningkatkan kapasitas usaha dan pendanaan, pengelolaan sumber daya alam mineral dan batubara, peningkatan nilai tambah melalui hilirisasi dan meningkatkan kandungan lokal, serta efisiensi biaya dari sinergi yang dilakukan, HIP dibentuk lewat terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2017 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara RI ke dalam Saham Perusahaan Perseroan PT Indonesia Asahan Aluminium pada 14 November 2017. Dari titik awal tersebut, sejumlah pencapaian pun telah diraih selama satu tahun perjalanan. Salah satu pencapaian teranyar yakni realisasi divestasi 51% saham PT Freeport Indonesia oleh Inalum. Dalam rangka memperingati satu tahun sinergi yang terjalin, HIP menggelar rangkaian peringatan ulang tahun di Katamaran Resort Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (29/11). Perayaan yang mengusung tema “1 Amazing Year, Shaping the Future Together” ini memilih Lombok sebagai tuan rumah. Hal ini sekaligus menjadi bentuk partisipasi HIP dalam pemulihan kembali perekonomian pulau yang bertumpu pada sektor pariwisata tersebut, pasca diguncang gempa berkekuatan 7 skala Richter beberapa waktu lalu.

Sasar Kinerja Maksimal Penyelenggaraan peringatan ulang tahun HIP semakin istimewa karena bertepatan dengan rapat koordinasi triwulan ke-IV tahun 2018. Rapat koordinasi dibuka oleh Direktur Layanan Strategis PT Inalum, Ogi Prastomiyono. Dalam sambutannya, Ogi menyampaikan apresiasi terhadap kinerja gemilang holding selama satu tahun. Ia pun berharap kinerja ini dapat terus ditingkatkan, sehingga mencapai hasil yang maksimal pada tahun-tahun berikutnya. Tak hanya itu, dalam rapat koordinasi ini hadir pula pembicara, Ian Johnston, selaku Managing Partner of Culture Shaping in Europe, the Middle East, and Africa, for Senn Delaney. Dalam paparannya, Ian membahas tentang pentingnya tujuan dalam organisasi, pentingnya tujuan yang sesuai dengan misi, visi, dan nilai, pentingnya peran budaya dan kepemimpinan dalam mencapai tujuan perusahaan, serta bagaimana pemimpin menghidupkan tujuan dalam perusahaan. Para peserta yang terdiri dari direktur, komisaris, serta jajaran manajemen dari empat anggota holding pun menunjukkan antusisme terhadap materi yang dipaparkan. Hal ini terlihat dari sesi tanya jawab yang berlangsung secara aktif dan kondusif.

Membangun Lombok Rangkaian peringatan ulang tahun HIP dilanjutkan dengan pemberian bantuan oleh PT Inalum (Persero). Bantuan diserahkan oleh Direktur Layanan Strategis PT Inalum (Persero), Ogi Prastomiyono dan diterima oleh Kepala Dusun Jeruk Manis, Bahran Efendi. Bantuan sebesar Rp225 juta diberikan dalam bentuk 8 unit MCK, 8 unit sumur bor, dan 6 unit pipanisasi yang akan dibangun di Dusun Jeruk Manis dan Dusun Manggala Timur, Desa Persiapan, Dusun Telaga Wareng, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, serta Dusun Gondang Tmur, Desa Gondang, Kecamatan Gangga. Sebelumnya, anggota HIP lainnya juga sudah menyalurkan bantuan terhadap korban gempa Lombok, seperti PT Antam Tbk. Bekerjasama dengan Ikatan Alumni ITB, PT Antam Tbk menyalurkan bantuan sebesar Rp175 juta melalui pengeboran air bersih, bantuan obat-obatan, dan tim ERG. Sementara itu, PT Bukit Asam Tbk menyalurkan bantuan sebesar Rp730 juta berupa rumah sehat layak huni, tenda, sumur bor, obat-obatan, dan biaya operasional. Begitu pula PT Timah Tbk dengan nilai bantuan Rp200 juta berupa sumur bor, MCK, hunian sementara, tenda, dan lain-lain. Melalui bantuan-bantuan tersebut, HIP telah menyalurkan bantuan dengan total nilai Rp1,330 Miliar.

Kemeriahan hingga Akhir Dibuka oleh Direktur Utama PT Inalum (Persero), Budi Gunadi Sadikin, acara puncak peringatan ulang tahun HIP ke-1 berlangsung meriah. Penampilan tari daerah dan musik oleh bintang tamu menambah semarak acara. Penampilan-penampilan ini sekaligus menambah kehangatan di tengah gerimis yang turun mewarnai acara tersebut.
Dalam acara puncak ini dilakukan pula penandatanganan komitmen bersama rangkaian jangka panjang perusahaan (RJPP) Holding Industri Pertambangan oleh Direktur Utama PT Inalum (Persero) Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama PT Antam Tbk Arie Prabowo Ariotedjo, Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin, Direktur Utama PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani, dan Direktur Pengembangan Bisnis merangkap Direktur Pelaksana PT Inalum (Persero) Oggy Achmad Kosasih. RJPP ini berlaku untuk tahun 2019 hingga 2023 dengan membawa misi Holding Industri Pertambangan sebagai perusahaan sumber daya alam terpadu dan terkemuka dengan komitmen yang kuat terhadap masyarakat dan lingkungan. Acara puncak rangkaian ulang tahun HIP ditandai dengan penyalaan obor oleh direktur dan komisaris.