Rumah Kreatif BUMN Bukit Asam Muara Enim Mulai Berpacu

Sekitar 27 pelaku Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) di Kabupaten Muara Enim berkumpul untuk mengikuti pelatihan mengelola keuangan usaha di Rumah Kreatif BUMN (RKB) Bukit Asam Muara Enim, Selasa (4/09).

Pelatihan yang digagas Satuan Kerja CSR PTBA bidang Bina Mitra ini sekaligus menjadi gong awal dimulainya RKB Bukit Asam Muara Enim yang berlokasi di Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul. Kegiatan ini diharapkan dapat semakin mendorong UMKM khususnya dalam memacu usaha kreatif di lingkungan masyarakat.

Senior Manager CSR PTBA, Kanthi Miarso mengatakan, setelah RKB Bukit Asam Muara Enim ini, PTBA masih akan memacu keberadaan RKB-RKB lain milik PTBA yang ada di berbagai wilayah. “Tahun ini kami telah merencanakan untuk memfungsikan enam RKB, di antaranya di daerah Kuto Sumatera Barat, daerah Bandar Jaya Lampung, dan daerah Plaju Sumatera Selatan,” papar Kanthi Miarso.

Asisten Manajer Bina Mitra CSR PTBA, Mustafa Kamal menambahkan, pelatihan tersebut merupakan pelatihan perdana untuk angkatan pertama mitra binaan CSR PTBA di RKB Bukit Asam Muara Enim. “Jumlah pelaku UMKM di Muara Enim lebih dari sepuluh ribu. Tentu saja tidak bisa semua, namun mimpi kami adalah, RKB Bukit Asam Muara Enim bisa merangkul sekitar 400 pengusaha UMKM yang ada di Kabupaten Muara Enim,” tutup Mustafa Kamal.